Slot Gacor MAXWIN

Selalu Membayar Kemenangan Anda

Uncategorized

InfoBogor » Bogor dan Bali Mulai Kurangi Iklan Reklame Rokok

Saat ini sudah ada 2 daerah di Indonesia yang perlahan-lahan mengurangi reklame iklan yang berkaitan dengan rokok. Dua daerah itu adalah Bali dan Bogor.

Ketua Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengatakan kalau sekarang di Bandara Ngurah Rai, Bali, sudah tidak ada lagi iklan-iklan yang ada kaitannya dengan rokok. Semua itu dilakukan karena masyarakat Bali sudah mulai sadar akan bahayanya rokok tersebut.

Begitu juga dengan Kabupaten Bogor. Menurut Arist juga, masyarakat dan Pemerintah kota Bogor sudah perlahan-lahan mengurangi adanya baliho berupa iklan rokok di sepanjang jalan Kota Bogor.

“Kalau pun masih ditemukannya baliho berisikan iklan rokok, kemungkinan disebabkan kontraknya yang belum selesai,” kata Arist di Kantor Komnas PA, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Rabu (30/1/2013),

Kalau di Bogor dan Bali sedang berupaya keras untuk mengurangi iklan-iklan yang berkaitan dengan rokok, beda halnya dengan salah satu daerah yang ada di Sumatera Barat (Sumbar), Padang Panjang.

Arist mengatakan, kalau Padang Panjang sekarang ini sudah menjadi salah satu daerah yang merupakan Kawasan Bebas Asap Rokok. Bukan itu saja, di Padang Panjang pun tidak akan pernah ditemui kembali iklan-iklan yang berbau rokok.

“Jadi sekarang kalau teman-teman ke sana (Padang Panjang) tidak akan menemukan asap dan iklan rokok lagi Itu semua terjadi karena kesadaran manusia itu sendiri,” kata Arist.

Arist menambahkan, kalau semua warga dapat meniru kota Padang Panjang yang sudah mulai sadar akan bahaya asap rokok. Itu semua dapat dilakukan untuk membangun kesadaran bahwa merokok itu adalah berbahaya. Rokok itu bisa memiskinkan orang.

Komnas PA sendiri menyayangkan minimnya perlindungan anak dari segala bentuk strategi iklan, promosi, dan sponsorship dari industri rokok dalam Peraturan Pemerintah No. 109 Tahun 2012 mengenai Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

Sumber: Liputan6