Slot Gacor MAXWIN

Selalu Membayar Kemenangan Anda

Uncategorized

Dodongkal, Kuliner Tradisional Bogor | InfoBogor

Dodongkal, Kuliner Tradisional Bogor Reviewed by administrator on December 5, 2012 .

Makanan khas Sunda ini semakin langka ditemui. Pernah merasakan penganan yang bernama “dodongkal”? Penganan ini disebut dodongkal di daerah Jawa Barat, seperti Bogor dan Sukabumi. Namun untuk berburu dodongkal, tidak seluruh Jawa Barat mengenal dodongkal, apalagi kota-kota Indonesia lainnya. Namun demikian dodongkal ini memiliki karakteristik atau rasa seperti kue putu yang dapat dijumpai di kota […]

Rating: 0 December 5, 2012 By administrator

Makanan khas Sunda ini semakin langka ditemui.

Pernah merasakan penganan yang bernama “dodongkal”? Penganan ini disebut dodongkal di daerah Jawa Barat, seperti Bogor dan Sukabumi. Namun untuk berburu dodongkal, tidak seluruh Jawa Barat mengenal dodongkal, apalagi kota-kota Indonesia lainnya. Namun demikian dodongkal ini memiliki karakteristik atau rasa seperti kue putu yang dapat dijumpai di kota lainnya.

Baik secara tekstur maupun komposisi, sebetulnya hampir tidak ada perbedaan antara Dodongkal dengan kue Putu. Yang membedakan hanyalah pewarnaan dan sedikit cara pembuatan. Jika kue putu seringnya diberi pewarna hijau (meskipun ada juga yang tanpa pewarna), dodongkal berwarna putih polos.

Jika kue putu biasanya dibuat dalam cetakan potongan bambu atau pipa, dodongkal dikukus menggunakan kukusan berbahan bambu, atau yang biasa dikenal “Aseupan” oleh masyarakat Sunda.

Proses pengukusan Dodongkal

Alami, adalah salah satu ciri paling khas dari Dodongkal. Dimulai dari bahan-bahannya yang bebas bahan kimia (sebagaimana umumnya masakan tradisional) hingga cara penyajiannya.

Teksturnya ‘belang-belang’ hasil kombinasi lapisan berulang tepung beras dan gula. Dodongkal yang sudah matang kemudian dituangkan dalam bentuk seperti nasi tumpeng, lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian supaya mudah dinikmati.

Selain rasanya yang nikmat disantap selagi hangat, beberapa pembeli juga mengaku terasa terobati kerinduannya pada Dodongkal yang kini sudah semakin langka. Belum lagi disempurnakan dengan kandungan gizinya yang lebih sehat dibanding jajanan masa kini.

Bagi penggemar makanan yang manis, Dodongkal  merupakan pilihan yang tepat. Dodongkal  terbuat dari tepung beras yang disisipi gula merah di dalamnya, serta ditaburi serutan kelapa yang dikukus dengan balutan daun pisang. Cobalah untuk mencarinya ketika anda berkunjung ke Bogor, dan anda akan merasakan sensasinya.

Tags: featured, kulinerbogor