Wednesday, 20/9/2017 | 9:16 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Wajah Baru Bogor Kreatif

Wajah Baru Bogor Kreatif

Relaunching Bogor Kreatif dalam tajuk “Bogor Berkreasi”

“Bogor Berkreasi” adalah acara yang dipersembahkan oleh Bogor Kreatif dan digelar selama tiga hari berturut-turut dari Jumat (24/4) hingga Minggu (26/4) yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar  nomor 4, Ciwaringin, Bogor.

Bogor Kreatif adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kerajinan tangan, seni dan budaya yang mengolah dan menggunakan bahan bekas atau bahan daur ulang menjadi sebuah produk bernilai jual maupun seni. Tujuan diadakannya acara dengan tajuk “Bogor Berkreasi” ini adalah peluncuran logo baru dan website Bogor Kreatif, serta peluncuran produk yang bernama “KODA” yang merupakan singkatan dari Kotak Daur Ulang. “Arti dari logo baru Bogor Kreatif kali ini tetap menunjukkan proses recycling tapi dengan konsep yang lebih modern,” ujar Indra Saputra selaku Direktur Bogor Kreatif.

Pada hari pertama acara, terdapat acara talkshow mengenai “pentingnya sebuah Brand” dengan pembicara Reza  Adhitama (seorang praktisi Brand), Hafiq (Owner Cabs Pocket), Kang Bimbim dan Indra Saputra dari Bogor Kreatif. Dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kebudayan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menunjukkan adanya dukungan positif dari pemerintah. “Bogor Kreatif ini kita sangat mendukung, barangkali ada kemauan dari para pemuda menggali potensi-potensi yang ada di Kota Bogor. Dengan adanya ini juga teman-teman muda bisa saling berutkar pikiran, pandangan dan pengetahuan kemudian akan muncul ide-ide yang pada akhirnya akan menghasilkan produk,” tutur Uci selaku perwakilan dari Dinas Kebudayan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Rangkaian acara yang masih berlanjut hingga hari Minggu ini dimeriahkan oleh penampilan beberapa band asal Bogor, Pantonim, Stand Up, dan teater, diskusi interaktif berjudul “Kreatif Menjual Diri” dan tak lupa adanya workshop membuat bingkai foto dan kotak tempat pensil dari bahan bekas yang melibatkan anggota keluarga dan masyarakat umum. Dalam sambutannya, Indra sempat mengutarakan kesulitan yang dihadapinya, “Kita memiliki Galeri Bogor Kreatif yang merupakan sebuah keresahan dari Bogor Kreatif saat dahulu, dimana kita hanya bisa membuat sebuah barang tanpa bisa kita menjual. Dan kita bingung untuk menembus pasar yang lebih global,  bahkan masuk ke toko pun susah untuk UKM seperti kami. Jadi, kami berinisiatif untuk membuka Galeri ini yang merupakan tempat untuk menjual barang-barang dari teman-teman UKM Bogor,” jelasnya.

Sempat terancam tutup, Bogor Kreatif akhirnya dapat bertahan dan muncul kembali dengan wajah dan manajemen yang baru. Salah satu orang yang berada dibelakangnya adalah Suci Yoskarina, yang tertarik untuk menghidupkan kembali Bogor Kreatif ini. “Ini adalah salah satu aset Bogor yang mendukung teman-teman UKM yang harus diselamatkan. Dan kita juga sudah mempunyai program untuk menghidupkan Bogor Kreatif ini yaitu Pemberdayaan ke Beberapa Kelompok Masyarakat,” kata Suci.

Dengan harapan bisa memerluas jaringan lewat acara ini, Bogor Kreatif seakan siap untuk tampil dan bersaing di pasaran. Tidak ketinggalan salah satu Budayawan Bogor, Arifin Himawan juga menyampaikan harapannya, “Tidak ada masyarakat yang menjadi miskin jika masyarakat memiliki kreativitas. Mudah-mudahan lebih maju dan kreatif yang bisa memberikan kontribusi khususnya untuk para pelaku UKM. Semoga suatu saat walikota bisa hadir dan mempromosikan,” pungkasnya.

34322

34331

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.