Friday, 22/9/2017 | 2:44 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Tips Mudik Bersama Balita

Tips Mudik Bersama Balita

Menjelang hari raya idul fitri 1436 H, tradisi yang tidak pernah terlewat oleh orang Indonesia adalah mudik. Biasanya mudik dilakukan H-7 atau H-1 lebaran. Pemudik tidak hanya pulang ke kampung halamannya seorang diri, namun membawa keluarganya juga. Bila Anda mempunyai anak yang masih balita dan akan dibawa mudik. Biasanya dalam perjalanan jauh apabila si kecil merasa bosan, dia akan merengek dan menangis.

Hal ini tampaknya perlu diantisipasi oleh ibu-ibu rumah tangga yang masih memiliki balita di rumahnya. Ada beberapa cara yang isa Anda coba untuk persiapan mudik bersama si buah hati.

Siapkan makanan dan minuman
Persiapan membawa perbekalan ini cukup penting, karena di perjalanan mungkin saja si kecil akan merasa lapar atau ingin memakan sesuatu. Hal ini juga cukup hemat karena Anda tidak perlu membeli makanan lagi di rest area.

Membawa cairan pembersih atau tissue basah
Membawa tissue basah atau cairan pembersih lainnya diperlukan agar si kecil tetap bersih selama perjalanan.

Jangan membawa seluruh barang anak Anda
Untuk mencegah kebosanan si kecil, biasanya Ibu akan membawakan mainan atau buku cerita untuk di perjalanan. Namun, barang yang dibawa biasanya terlalu banyak sehingga memnuhi tempat duduk atau bagasi. Hal ini akan membuat si kecil merasa tidak nyaman karena kendaraan Anda gunakan terlalu penuh dengan barang bawaan si kecil. oleh karena itu bawalah mainan atau buku cerita si kecil secukupnya 2-3 item saja agar tempat duduk si kecil tetap nyaman.

Mengganti pakaian
Pakaian balita harus sering diganti untuk menghindari kelembapan pada kulit si kecil. ini perlu diperhatikan baik-baik, karena ketika si kecil sudah merasa tidak nyaman, dia akan menangis dan merengek.

Perhatikan posisi
Apabila Anda mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, misalnya mobil. Anda harus memeperhatikan posisi duduk sikecil. Sebisa mungkin tempatkan ia di dekat jendela, agar ia bisa melihat pemandangan di luar dan tidak merasa bosan. Jangan lupa gunakan car seat khusus untuk anak Anda agar duduknya lebih nyaman. Bisa juga Anda membawa bantal, guling atau boneka kesukaan si kecil agar jika ia mengantuk, ia akan tidur lebih nyaman.

Tunjukkan tempat tujan Anda
Si kecil biasanya akan bertanya kemana akan pergi. Sebisa mugkin Anda memberitahunya dengan memeperlihatkan kota yang akan Anda tuju. Anda juga dapat meminta kepada sanak saudara Anda yang tinggal disana untuk mengirimkan foto terbaru keadaan tempat yang akan Anda tuju. Hal ini guna membuat si kecil tidak akan bosan di dalam perjalanan.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.