Friday, 28/7/2017 | 12:34 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Tips Mengelola THR

Tips Mengelola THR

Lebaran sebentar lagi, bagi Anda yang bekerja di kantoran biasanya Anda akan medapat THR dari kantor Anda sekitar H-7 atau H-8 sebelum lebaran. Biasanya uang THr akan dipergunakan untuk biaya mudik, membeli keperluan lebaran dan kebutuhan lainya. Namun, sering kali kita tidak bisa mengaturnya hingga akhirnya habis di tengah jalan. Sebelum hal itu terjadi ikutilah tips tips dibawah ini agar THR Anda tetap aman!

Bayar yang wajib
Hal yang pertama Anda harus lakukan ketika mendapat THR adalah membayar pembayaran yang wajib dahulu seperti bayar air, listrik, kredit kendaraa, zakat dan lainnya. Hal ini harus dilakukan agar Anda tidak menumpuk utang yang banyak setelah lebaran.

Rencanakan keuangan
Menjelang lebaran, Anda pasti mempunyai banyak kebutuhan untuk dibeli, maka dari itu Anda harus menulis daftar barang apa saja yang harus dibeli. Dengan begitu Anda dapat memperkirakan berapa budget yang akan digunakan. Catatlah barang-barang yang benar-benar dibutuhkan untuk lebaran, sehingga keuangan Anda tetap stabil. Apabila Anda ingin berlibur juga perhitungkan berapa budget yang dibutuhkan, pilihlah tempat berlibur yang tidak terlalu mahal namun bisa memuaskan Anda dan Keluarga Anda.

Jangan berhutang
Untuk memenuhi kebutuhan lebaran, biasanya Anda menggunakan berbagai cara agar bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan kebih cepat, sehingga tidak tanggung-tanggung Anda berhutang. Apabila Anda sudah melakukannya, sekarang bisa distop dulu. Ini lah yang menyebabkan ketika Anda mendapat THR tetapi Anda tidak merasa mendapatkannya. Karena uang THRnya sudah dipakai untuk membayar hutang. Disarankan juga untuk tidak menggunakan kartu kredit Anda menjelang lebaran. Karena biasanya penggunaan menjadi tidak terkendali dan hanya menumpuk utang di Bank.

Berinvestasi
Inilah yang paling penting, bila Anda masih memiliki sisa uang THR setelah semua kebutuhan tercukupi. Anda bisa menginvestasikan uang Anda, alokasi investasi bisa di lakukan ke dalam berbagai pos, seperti emas, reksadana, deposito atau pun dijadikan modal usaha. Hal ini akan berguna untuk masa depan Anda.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.