Tuesday, 21/11/2017 | 10:49 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Tips Makan Sehat untuk Remaja

Tips Makan Sehat untuk Remaja

Mengapa makanan sehat sangat penting untuk kita? Karena dalam masa pertumbuhan kita butuh nustrisi lengkap agar dapat tumbuh optimal dan lebih aktif. Nutrisi yang dibutuhkan remaja harus seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Tetapi sangat sulit untuk para remaja mengonsumsi menu makan yang sehat, karena junkfood dan fastfood lebih menarik dari makanan sehat.

Membiasakan diri mengonsumsi makanan yang sehat sangat baik karena pada saat remaja tubuh kita sangat membutuhkan banyak energi untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Kita harus bisa merubah kebiasaan agar hidup menjadi lebih sehat, beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memulai kebiasaan tersebut adalah makan dengan teratur, seperti:

  • Sarapan pagi, sarapan pagi sangat baik untuk dilakukan karena dapat menunjang tubuh kita untuk memulai pekerjaan dengan merubah makanan menjadi energi. Sarapan pagi tidak hanya mengonsumsi sereal namun juga dapat dengan mengonsumsi buah dan susu, serta hindari makanan yang banyak mengandung karbohidrat karena akan membuat kita cepat merasa lapar;
  • Makan siang, makan siang baik untuk mengganti energi kita yang hilang setelah beraktivitas mulai dari pagi agar tetap seimbang. Kita dapat mengonsumsi nasi putih/merah, sayuran hijau, daging/telur, dan jus buah segar pada saat makan siang agar tubuh siap untuk malanjutkan aktivitas;
  • Makan malam, pada saat makan malam hindari makanan yang banyak mengandung gas agar tidak terjadi kembung pada perut, menu yang bisa dipilih saat makan malam adalah sereal gandum, roti gandum, ikan tuna, ikan salmon atau susu. Selain menggantikan energi kita yang terkuras, konsumsi susu di malam hari juga bisa meningkatkan kualitas tidur kita sehingga badan akan terasa lebih segar pada esok harinya.

Itulah beberapa tips makan sehat untuk remaja yang dapat dilakukan. Apabila setelah makan kita merasa sedikit lapar, kita bisa mengonsumsi camilan yang rendah karbohidrat seperti buah segar atau buah-buahan kering. Dengan makan sehat dan seimbang selain tubuh menjadi sehat, kita juga bisa mendapatkan tubuh ideal dan energik.  Hindari junkfood dan fastfood agar berat badan tetap terjaga, serta pilihlah makanan yang diolah dengan cara dipanggang dan direbus bukan digoreng.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.