Tuesday, 21/11/2017 | 10:50 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Tips Diet Untuk Meningkatkan Kualitas Memori

Tips Diet Untuk Meningkatkan Kualitas Memori

Sudah banyak tips diet yang diberikan untuk penderita diabetes, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Lantas bagaimana dengan mereka yang terancam mengalami kepikunan?

 

Untuk mencegahnya, Anda sebaiknya menyimak tips diet demi meningkatkan kualitas memori seperti yang dilansir dari Care2.com berikut ini.

Proporsi lemak, karbohidrat, dan protein
Setiap hari, pastikan Anda mendapat asupan lemak, karbohidrat, dan protein dengan perbandingan 25:30-45:25-35. Lemak sehat bisa didapat dari alpukat, minyak zaitun, selai kacang, dan ikan tertentu. Sementara karbohidrat kompleks berupa buah, sayur, dan gandum. Kemudian asupan protein berasal dari daging-dagingan tanpa lemak atau produk kedelai untuk vegetarian.

Nutrisi otak
Asam lemak omega-3 adalah senyawa penting yang memicu kinerja otak menjadi lebih baik. Selain itu, makanan yang kaya antioksidan seperti buah berry juga penting untuk dikonsumsi. Terakhir, jangan lupa menikmati makanan yang mengandung asam folat, vitamin B6, B12, dan D demi meningkatkan kualitas memori.

Buah utuh
Sebaiknya Anda mengadopsi metode diet Mediterranean yang membiasakan diri mengonsumsi buah-buahan dan sayuran mentah dan utuh. Sebab nutrisinya jauh lebih tinggi daripada yang sudah diproses.

Kopi dan cokelat hitam
Kabar baik bagi Anda pecinta kopi. Sebab menikmati 1-3 cangkir sehari memberi manfaat baik bagi otak. Selain kopi, nikmati juga cokelat murni berwarna hitam yang memberi nutrisi lebih pada otak, sehingga memori Anda pun akan tetap bekerja dengan baik.

Ngemil tengah malam
Jika Anda rutin bangun jam enam pagi, pastikan Anda terakhir makan jam enam petang di hari sebelumnya. Sebab ada bukti ilmiah yang menyebutkan ada senyawa khusus diproduksi tubuh ketika tidak ada karbohidrat yang dibakar mampu melindungi sel otak. Dengan kata lain, jangan membiasakan diri ngemil tengah malam atau setelah makan malam.

Selain diet sehat, Anda sebaiknya juga rajin main teka-teki, video games, dan berolahraga demi menjaga kualitas memori dan kesehatan otak.

 

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.