Tuesday, 21/11/2017 | 10:41 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Tips Agar Anak Menyukai Sayuran

Tips Agar Anak Menyukai Sayuran

Anda menginginkan anak Anda tetap sehat dengan memakan sayur, namun sering kali Anda sebagai orangtua merasa kesulitan ketika anaknya sudah sulit untuk disuruh makan sayuran. Padahal sayuran sangat lah penting untuk perkembangan si kecil. Anda tidak dapat memaksa si kecil untuk memakan sayuran, karena pemaksaan hanya akan membuat si anak takut dan merasa terpaksa memakan sayuran, dan membuat si kecil sampai kapan pun tidak menyukai sayuran. Sebagai orang tua Anda harus mempunyai trik khusus agar si kecil menyukai sayuran dengan sendirinya.

Berikut ini adalah tips agar si kecil menyukai sayuran.

Buat lah makanan roll yang lezat
Rebus lah sayuran kemudian berikan bumbu pada sayuran yang sudah direbus, kemudian bungkus dengan tortilla atau dapat diganti dengan kulit lumpia. Kemudian anda dapat menyajikannya menjadi camilan si kecil atau lauk pauknya si kecil.

Buat lah pasta yang sehat
Semua anak menyukai pasta. Anda dapat membuat pasta yang sehat dengan memasukan sayuran di dalamnya, kemudian anak Anda akan menyukainya. Namun, pastikan juga bahwa anak Anda memang menyukai pasta.

Menggoreng sayuran menjadi renyah
Jika Anak anda menyukai makanan yang crispy dan renyah Anda dapat membuat sayuran menjadi sayuran crispy. Namun Anda harus mengganti minyaknya terlebih dahulu dengan minyak zaitun, kandungan minyak zaitun mengandung omega-3 yang akan membantu kerja otak si kecil, dan juga tidak menghilangkan nutrisi dari sayuran yang digoreng dengan minyak zaitun.

Jangan menyajikan dalam keadaan utuh
Biasanya si kecil yang sudah mengetahui bentuk sayuran akan menghindari setiap masakan sayur yang Anda buat dengan utuh. Tentu saja si kecil tidak akan menyukai bahkan memakan masakan Anda. Maka dari itu, cobalah Anda buat sayuran tersebut menjadi sup dengan cara menggiling semua sayuran kemudian diberikan bumbu dan dimasak menjadi sup krim dan ditambahkan daging dan kentang, ini akan jauh terlihat lebih lezat dibandingkan dengan sajian sayuran yang utuh.

Berikan hadiah
Apabila anak Anda masih jga tidak mau memakan sayur, berikan lah hadiah-hadiah kecil untuk anak Anda. Misalnya apabila anak Anda mau makan sayur beri lah sticker atau mainan-mainan kecil untuk anak Anda. Lakukan hal itu hingga ia terbiasa makan tanpa diberikan hadiah.

Berikan contoh yang baik
Anak akan mengikuti orang tua, maka berikan contoh yang baik kepada anak Anda. Jika Anda ingin anak Anda makan sayur, Anda harus makan sayur terlebih dulu. Perlihatkan lah bahwa sayuran itu makanan yang lezat. Dengan begitu anak Anda akan menyukainya. Selamat mencoba!

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.