Friday, 28/7/2017 | 12:39 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Terminal Baranangsiang Padat, DLLAJ Kota Bogor Siapkan 813 Bus

Terminal Baranangsiang Padat, DLLAJ Kota Bogor Siapkan 813 Bus

Menjelang Lebaran, Terminal Baranangsiang Kota Bogor, Jawa Barat, mulai dipadati oleh ratusan pemudik sejak hari Minggu atau H-5 Lebaran. Terlihat dengan adanya sejumlah Perusahaan Otobus (PO) angkutan umum antarkota antarprovinsi (AKAP), sedang sibuk melayani penumpang yang akan berangkat ke berbagai daerah tujuannya.

Seperti yang dilansir dari antaranews, keberangkatan bus tidak terjadwal, seperti PO Bus Sinar Jaya yang melayani wilayah Jawa Tengah, biasanya keberangkatan sore pukul 15.00 WIB, namun kini sudah diberangkatkan pada pukul 14.00 WIB. “Jadwal bus sudah tidak beraturan lagi, kalau sudah penuh langsung diberangkatkan. Tidak ada lagi nunggu-nunggu penumpang, kita kejar waktu dan biar tidak kena macet juga,” kata Tuti Herlinawati, petugas tiketing PO Sinar Jaya saat ditemui di Terminal Baranangsiang.

Tuti menambahkan, penumpang mulai berdatangan sejak subuh. Sebagian ada yang memesan tiket untuk keberangkatan sehari sebelumnya, dan ada pula yang datang untuk langsung berangkat. Agar semua penumpang bisa terangkut dan mendapatkan tiket, perusahaannya tidak memberlakukan sistem pesanan atau booking tiket. Pembelian tiket hanya dilayani untuk sehari sebelumnya. Sehingga tidak perlu khawatir kehabisan tiket, karena pihak PO telah menyediakan cadangan bus sebanyak dua unit. “Setiap hari bus yang diberangkatkan ada delapan unit. Kalau sekiranya melonjak, kita siagakan dua unit lagi bus tambahan,” katanya.

Sementara itu, untuk melayani pemudik Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah, Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor, telah menyiapkan sebanyak 813 unit bus, dengan tujuan antara kota dalam provinsi dan antarkota antarprovinsi atau AKDP/AKAP, untuk para pemudik dari Bogor. “Untuk mudik lebaran tahun ini, kita sudah siapkan 813 unit bus temasuk 82 unit bus candangan apabila ada terjadi kerusakan atau gangguan,” ujar Kepala DLLAJ Kota Bogor, Achsin Prasetyo.

Menurut Achsin, jumlah pemudik tahun ini akan mengalami peningkatan. Biasanya jumlah penumpang sebanyak 8.000 orang, sedangkan tahun ini diperkirakan mencapai 11.000 orang. Hal ini dikarenakan libur lebaran bertepatan dengan libur sekolah, sehingga banyak yang memanfaatkan momen tersebut untuk berlibur ke kampung halaman. Para penumpang tak perlu khawatir, karena seluruh armada bus yang disiapkan dinyatakan laik jalan. Hal tersebut berdasarkan uji kelayakan setiap bus, yang telah dilaksanan di Kantor DLLAJ Kota Bogor. “Sudah dilakukan uji kelaikan, seluruhnya dalam kondisi layak,” ujarnya.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.