Saturday, 25/10/2014 | 4:11 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

‘Taman Rahasia’ di Kebun Raya Bogor

‘Taman Rahasia’ di Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor tak hanya mempunyai bunga bangkai saja. Di sana terdapat sebuah ‘taman rahasia’ yang belum diketahui oleh banyak orang. Taman itu memiliki lambang Garuda Pancasila jika Anda lihat dari langit. Mau tahu?

Inilah relief tanaman raksasa di Taman Bhineka, Kebun Raya Bogor

Siapa yang tidak tahu Kebun Raya Bogor? Bagi traveler Jakarta khususnya, kebun raya seluas 87 hektar ini adalah tempat favorit melepas kepenatan di akhir pekan. Udara segar dari pepohonannya yang tinggi dan rimbun akan menyejukan pikiran. Tapi tahukah Anda, Kebun Raya Bogor ternyata mempunyai ‘taman rahasia’ yang bernama Taman Bhineka. Di tamannya terdapat burung Garuda Pancasila yang terlihat jelas dari ketinggian. Wow!

Ketika berkunjung ke Kebun Raya Bogor, pada Minggu (6/1/2013), untuk datang ke ‘taman rahasia’ tersebut. Seperti biasa, hari Minggu adalah saat kebun raya ini ramai dikunjungi wisatawan. Dari anak-anak, mahasiswa, hingga orang tua, semuanya terlihat senang berjalan-jalan, foto-foto, atau sekedar duduk sambil memakan bekal bawaan.

“Taman Bhineka itu disebut juga Taman Garuda, letaknya dekat dengan tempat koleksi anggrek,” kata staff dari bagian pemeliharaan koleksi, Asep, pada detikTravel di depan pintu masuk.

Jarak Taman Bhineka memang cukup jauh dari pintu masuk. Ada dua pilihan untuk menuju ke sana, pertama dengan naik Mobil Wisata Kebun Raya Bogor dengan tarif Rp 10 ribu, atau berjalan kaki sekitar 1 kilometer lebih. Berjalan kaki pun bukanlah pilihan yang salah, karena Anda bisa lebih leluasa memotret dan menghirup udara segar.

Setibanya di Taman Bhineka, dijamin pemandangannya akan menyejukan mata. Rerumputan hijau yang asri terhampar di taman ini. Di taman ini, pengunjung dapat berjalan-jalan di atas rumputnya atau bersantai sambil tiduran di atas tikar di sana. Air mancur yang ada di tengah-tengah taman, menambah kesejukan tersendiri.

Tapi, ada satu pemandangan yang mencolok di rerumputan hijau tersebut. Di pinggirannya terdapat tanaman-tanaman yang ditata dalam satu relief besar. Lihatlah lebih dekat lagi.

Ternyata, itulah rahasia Taman Bhineka! Memang, jika dilihat sejajar, maka tidak ada yang aneh dari relief tanaman tersebut. Namun, cobalah Anda naik ke atas tempat yang lebih tinggi di sana. Tepat di depan reliefnya, ada sekitar delapan anak tangga dan jalanan yang lebih tinggi letaknya dari taman tersebut.

Dilihat dari atas ketinggian, tanaman-tanaman yang ditata dalam satu reflief besar tersebut berbentuk burung Garuda. Itulah simbol Negara Indonesia yang belum banyak diketahui wisatawan di Taman Bhineka. Bentuknya terlihat sangat jelas, dari kedua sayap, kepala, hingga kakinya. Luar biasa!

“Mengapa disebut Taman Bhineka? Karena ada relief tanaman yang arsitekturnya berbentuk burung Garuda. Biasanya wisatawan di sana bisa main di rumput-rumputnya, tapi ya kebanyakan belum ada yang tahu (relief tanaman burung Garuda-red),” lanjut Asep menjelaskan.

Ya, mungkin Anda juga belum tahu tentang rahasia Taman Bhineka ini. Letaknya yang jauh memang mengurungkan niat sebagian orang untuk datang ke sana. Tapi, jika Anda sudah melihatnya dijamin tidak akan kecewa.

Di depan burung Garuda tersebut terdapat suatu patung berbentuk setengah badan manusia. Di patungnya terdapat nama Lebak Sudjana Kasan, Bogor, 18 Mei 1985. Ternyata, Sudjana Kasan adalah orang Indonesia pertama yang menjadi pimpinan Kebun Raya Bogor, menggantikan J. Douglas.

Yang lebih keren lagi, cobalah Anda membuka Google Map lalu mengetik Kebun Raya Bogor. Arahkan kursor Anda lalu zoom ke bagian kanan atas dari pintu masuk Kebun Raya Bogor. Lambang burung Garuda terlihat sangat jelas!

Inilah lambang Burung Garuda di Kebun Raya Bogor (Google)

“Kalau dari pesawat memang kelihatan jelas, Mas,” ujar Asep.

Silakan datang ke Kebun Raya Bogor dan datangi langsung ‘taman rahasia’ tersebut!

Sumber: Detik

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.