Tuesday, 21/11/2017 | 9:08 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Siap-siap ‘Mabuk’ Bir Kocok Khas Bogor

Siap-siap ‘Mabuk’ Bir Kocok Khas Bogor

Post by relatedRelated post

User Rating

Jika Jakarta punya bir pletok, maka Bogor punya bir kocok. Rasanya pun tak kalah enak dan hangat. Saat traveling ke Bogor, wajib mencoba minuman ini. Siap-siap dibuat ‘mabuk’ kenikmatan!

Bogor layak disebut sebagai surga kuliner. Di sinilah Anda dapat berburu aneka makanan dan minuman khas Kota Hujan tersebut. Ada lumpia basah, pepes sagu, bakso, asinan, dan masih banyak lagi. Satu yang wajib dicoba adalah bir kocok.

Anda hanya bisa menemukan bir kocok di dekat Gang Aut, Jalan Suryakencana, Bogor. Bir ini tidak dijual di kafe, bar, atau pun restoran, tapi di gerobak pinggir jalan.

“Ini bahannya dari jahe, kayu manis, gula pasir, dan gula aren, Kang,” kata penjual bir kocok generasi ketiga, Eman.

Inilah saingannya bir pletok dari Jakarta. Harganya pun tidak mahal, hanya Rp 3.000 per gelasnya. Tinggal pilih, mau diminum dengan plastik atau dengan gelas besar.

Eman pun dengan cekatan menyajikan bir kocok. Tak sampai 3 menit, bir kocok pun sudah siap untuk diseruput. Rupanya mirip dengan es teh manis.

Slruupp, wah rasanya enak sekali. Meski dengan es batu, rasa hangatnya tidak hilang. Enaknya lagi, rasa hangatnya tidak hanya terasa di tenggorokan, tapi juga di dada.

“Dulu abah yang mulai jualan tahun 1986. Setelah itu saya yang jualan dari tahun 2002. Bir kocok ini hanya ada di dua tempat di Bogor, di Jalan Suryakencana dan di Jalan Roda, Kang,” ujar Eman sambil membereskan botol-botol yang berisi bir kocok.

Eman pun menambahkan, bir kocok ini juga bisa dijadikan oleh-oleh. “Kalau yang di botol sirup ini untuk oleh-oleh, harganya Rp 10 ribu saja,” ujarnya.

Slrupp, tanpa terasa satu gelas bir kocok sudah habis saya minum. Benar-benar menghangatkan badan di kala hujan rintik-rintik mengguyur Jalan Suryakencana saat itu.

Tenang saja, bir kocok tidak akan membuat Anda mabuk. Tapi, bir kocok ini akan membuat Anda ‘mabuk’ kenikmatan. Sekali coba, dijamin bakal ketagihan!

Sumber: Detik

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.