Friday, 24/10/2014 | 9:30 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Proses IMB McDonalds Juanda Belum Masuk BPPT-PM

Proses IMB McDonalds Juanda Belum Masuk BPPT-PM

Proses pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk bangunan McDonalds di Jalan Juanda, masih belum dilakukan kepada pihak Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BPPT-PM) Kota Bogor. Diakui oleh Sekretaris BPPT-PM Kota Bogor, Deni Sediawan, bahwa proses tersebut saat ini masih di Dinas Pengawasan Bangunan dan Pemukiman (Wasbangkim) Kota Bogor.

Menurut Deni, untuk saat ini proses pembuatan IMB itu belum dilakukan oleh pihak pengusaha kepada BPPT-PM Kota Bogor.

“Setelah ada pengiriman untuk pembuatan IMB, nanti kita akan memproses pembuatan IMB tersebut dan mengecek seluruh persyaratan yang harusnya telah dipersiapkan sejak awal,” ungkap Deni, ketika ditemui dikantornya, pada Kamis (30/1/13).

Ia melanjutkan, untuk pengeluaran IMB tersebut jika persyaratan teknisnya tidak melanggar, maka bisa keluar.

“Nanti ada timnya yang akan menilai dan kita akan melihat bangunan tersebut melanggar sesuai teknisnya atau tidak. Sementara itu, kalau siteplan sudah ada juga kita tidak bisa menolak untuk proses pembuatan IMB, apalagi kalau persyaratan teknisnya sesuai dan bangunannya kemungkinan bisa dikeluarkan IMBnya,” tandas Deni.

Tapi, lanjutnya, jika bangunan tersebut melanggar, maka bisa dilakukan penolakan IMB. Pengecekan ke lapangan untuk memastikan tidak adanya pelanggaran teknis, seperti untuk teknis itu Garis Sepadan Bangunan (GSB), Ketentuan Lahan Parkir, Drainasenya seperti apa, serta tata lokasi jauhnya.

“Biasanya kalau siteplannya sudah keluar, maka pengkajian itu sudah dilakukan dan tentunya sudah dibahas dalam perda,” terangnya.

Masih kata Deni, seharusnya tidak boleh membangun sebelum memiliki IMB.

“Sekarang ini, bangunan itu sudah disegel dan tidak boleh operasional, untuk kasus ini memang bukan kita yang berwenang, karena kami hanya berwenang untuk mengeluarkan IMBnya,” pungkasnya.

Sumber: BogorPlus

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.