Monday, 24/11/2014 | 12:50 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Profesi Primadona di Tahun 2013

Profesi Primadona di Tahun 2013

Post by relatedRelated post

User Rating

Tahun 2013 ini ternyata dianggap tahun yang baik bagi para pencari kerja. Diperkirakan banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Salah satu sebabnya adalah iklim investasi di Indonesia. Diantara profeasi-profesi yang diinginkan oleh perusahaan, ada beberapa profesi yang ternyata menjadi primadona.

Apa saja profesi-profesi tersebut? Ini dia.

1. Properti.
Bidang properti diperkirakan akan kian menanjak seiring dibangunnya gedung-gedung baru, baik mall, apartemen, perumahan, dan bangunan lain. Bidang ini membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak. Namun yang spesifik dari properti adalah bidang marketing. Data dari Kelly Services, profesi sales dan marketing properti, masih nomor satu dari segi penghasilan di antara profesi lainnya saat ini.

2. Finance controller.
Banyaknya bank yang menawarkan berbagai pilihan kartu kredit dan fasilitas perbankan lainnya menjadikan profesi financial controller menjadi incaran. Maraknya penawaran Kredit Tanpa Agunan (KTA) kepada masyarakat juga menjadi salah satu sebabnya mengapa profesi ini menjadi incaran.

3.  Perusahaan bidang sumber alam.
Sudah sejak lama perusahaan-perusahaan di bidang sumber daya alam menjadi primadona. Perusahaan minyak dan gas alam, atau pertambangan, menjadi incaran para insinyur teknik dan pertambangan. Namun perusahaan juga membutuhkan tenaga dari bidang profesi lain seperti legal, public relations, sekretaris, atau bidang lainnya. Cukup menjanjikan.

4. Analis sistem komputer.
Di era internet dan digital profesi ini akan sangat menjanjikan masa depan yang cukup cerah. Perusahaan masih membutuhkan dukungan teknis untuk jaringan komputer atau internet di kantornya. Selain itu profesi ini juga dibtuhkan untuk pengembangan teknologi.

5. Sales.
Inilah profesi ujung tombak sebuah perusahaan. Di tangan para sales, sebuah produk bisa dijual atau tidak. Karena itu permintaan akan profesi ini sangat tinggi, terutama mereka yang menguasai tentang sebuah produk dan memiliki skill yang baik.

6. Digital marketing.

Kian maraknya media sosial di Indonesia, membuat kebutuhan akan profesional muda yang mengerti dunia digital, termasuk media sosial yang semakin tinggi. Tak hanya perusahaan IT, perusahaan yang bergerak di bidang apa pun membutuhkan seorang digital marketing.

7. Rekruter.
Sebenarnya ini bukan profesi baru, masih menjadi bagian dari HRD (human resources development). Menurut data Kelly Services, pertengan tahun 2012, pekerjaan di bidang ini menjadi favorit. Usaha ini mencakup banyak bidang ilmu, seperti psikologi, manajemen.

8. Analis riset pemasaran.
Semua bidang usaha pasti membutuhkan data akurat mengenai angka penjualannya, dan bagaimana meningkatkan pemasaran produknya. Sebagus apa pun sebuah produk kalau tidak bisa dijual tidak akan membuat usaha itu bertahan lama. Karena itu, profesi sebagai analis riset pemasaran sangat dibutuhkan.

9. Pengembangan piranti lunak.
Banyak perusahaan membutuhkan aplikasi komputer untuk berbagai kepentingan, terutama saat ini semua menggunakan peralatan berbasis komputer.

10. Akuntan.
Profesi ini dibutuhkan tak peduli kondisi ekonomi sedang baik atau memburuk. Karena dalam situasi apa pun, dibutuhkan seseorang untuk mengatur keuangan perusahaan dan menentukan besar pajak yang harus dibayar perusahaan dan perseorangan.

Sumber: Kompas

Tags:

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.