Tuesday, 21/11/2017 | 9:09 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Potret Suara Lukisan- Persembahan Komunitas Sketching Sunday Bogor

Potret Suara Lukisan- Persembahan Komunitas Sketching Sunday Bogor

Jalan Underpass Kebun Raya Bogor yang belum lama ini dibuka kembali dengan tata yang lebih bersih dan layak digunakan, menjadi sudut favorit kota Bogor baru setelah dilakukan perbaikan pada masa awal Bima Arya menjabat. Perbaikan yang dilakukan salah satunya adalah hadirnya lukisan disepanjang jalan bawah tanah ini.

Tidak seperti biasanya, kali ini Underpass Bogor dihiasi lebih banyak lukisan dan beragam, dengan konsep yang tersusun rapih menambah daya tarik setiap dinding Underpass Kebun Raya ini. Ini merupakan salah satu kegiatan dari komunitas Sketching Sunday Bogor, yang merupakan komunitas gambar Bogor yang menggelar acara bertajuk “Selamart Menikmati”. “Acara ini sebelumnya sudah pernah kita lakukan pada tanggal 19 Oktober di sini, tapi itu di cut karena ada pameran batik jadi akhirnya kita fokuskan lagi pada 23 November sampai dengan 23 Desember nanti. Kita mengangkat tema selamart menikmati karena teman-teman melihat seni di Bogor sudah mati atau dipandang sebelah mata, jadi apapun itu ya selamart menikmati” Ujar Aryo Wicaksono selaku founder sketching Sunday.

Lukisan yang terpampang pada dinding-dinding putih tersebut adalah lukisan dengan berbagai macam tema, yang diganti setiap satu minggu sekali seperti apa yang ditelah dituturkan Aryo. Aryo pun menambahkan bahwa ini juga merupakan sebuah bentuk protes kepada pemerintah bahwa kita para komunitas butuh tempat. Respon positif dari pemerintah Bogor sendiri sempat dirasa dengan hadirnya Bima Arya pada acara pembukaan pameran ini.

Acara ini tak hanya sekedar pameran saja, terdapat juga tambahan acara lain yang diadakan setiap weekend seperti creative sharing, gambar bareng, workshop gambar dan workshop sablon yang narasumbernya masih berasal dari kalangan komunitas Sketching Sunday. Dan pada hari terakhir pameran, 23 Desember 2014 akan dilakukan mural bersama di Underpass Kebun Raya Bogor tersebut. “Diliat dari antusiasme masyarakat yang lewat dan liat pameran ini lumayan banyak juga,” ucap Aryo. Salah satu acara dari pameran ini, gambar bareng ternyata dapat di ikuti oleh siapapun tanpa harus memiliki kemampuan mahir di bidang gambar.

Ivanna Vivian, seorang pelajar yang duduk di bangku SMP memberikan tanggapannya mengenai pameran lukisan ini,”Keren sih, karya-karnya juga bagus dan artistic. Dan lewat acara ini juga bisa buat pelukis-pelukisnya dikenal sama banyak orang,” ucapnya. Tak ketinggalan, Aryo pun menuturkan harapannya “Untuk pemerintah adalah pemerintah lebih peka lagi, semoga hadir galeri-galeri lain di Bogor untuk menjadi tempat para seniman di Bogor dan untuk teman-teman mari kita berkarya lagi di Bogor,”.

Penulis : Dea Sukmawati Triaji

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.