Tuesday, 21/11/2017 | 10:45 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Pilih yang Mana: Android, iOs, atau Windows?

Pilih yang Mana: Android, iOs, atau Windows?

Ada banyak jenis smartphone saat ini yang hadir dalam ragam pilihan operating system (OS), Android, Windows, iOs, dan Symbian. Apa kelebihan dan kekurangan masing-masing OS? Manakah OS yang harus dipilih sebagai gadget untuk menunjang aktivitas harian?

Di jaman sekarang hampir semua orang berlomba-lomba menggunakan gadget terbaik mereka dengan alasan aktivitas harian yang padat sehingga memaksa kita untuk memiliki setidaknya satu buah gadget yang bisa mengakomodasi pekerjaan di manapun kita berada. Sebut saja notebook, netbook, smatrphone, hingga sekarang sudah beralih ke jamannya tablet. Nah, mana yang saat ini kamu gunakan? Tapi untuk memutuskan membeli smartphone atau tablet saja kita perlu waktu cukup lama untuk mempertimbangkannya mengingat banyaknya ragam OS yang men-support smartphone dan tablet yang mengusung keunggulan dan kekurangan mereka masing-masing.

Apple menjadi salah satu perusahaan dengan produk yang cukup banyak diburu oleh masyarakat. Tahun 2007, Apple mengeluarkan iOs lewat produk, iPod, iPhone dan iPad mereka. Kecanggihan produk rakitan Steve Jobs sudah tidak diragukan lagi oleh berbagai kalangan pencinta gadget, terlebih mengingat produk Apple merupakan produk yang anti terhadap berbagai virus yang banyak beredar di dunia maya.

Gadget dengan basis iOs bisa dikategorikan sebagai produk yang dirancang untuk masyarakat menengah ke atas mengingat harganya yang tidak murah. Menjual produk dengan harga tinggi, Apple pun menawarkan berbagai fitur kecanggihan dan juga eksklusivitas pada konsumen mereka. Aplikasi pada gadget berbasis iOs bisa dikategorikan eksklusif karena memang ada beberapa aplikasi yang hanya dibuat khusus untuk iOs. Misalnya saja Instagram, Line dan banyak lagi walaupun kini aplikasi tersebut sudah bisa dinikmati pada smartphone berbasis Android, namun tetap saja ada beberapa filterisasi yang hanya ada pada iOs. Tapi yang perlu kamu ketahui, kebanyakan aplikasi pada gadget berbasis iOs merupakan aplikasi berbayar, misalnya saja aplikasi Whatsapp. Jika para pengguna Android, Windows, dan Symbian bisa mengunduh aplikasi ini secara cuma-cuma maka pengguna iOs harus menyiapkan kartu kredit mereka untuk bisa menikmati aplikasi ini. Nggak heran jika pengguna produk ini kebanyakan berasal dari kalangan eksekutif muda ataupun mereka dari kalangan menengah atas.

Buat mereka para pengguna iOs yang ingin menikmati beragam aplikasi tanpa mau mengeluarkan sepeser pun biaya maka mereka harus melakukan “jail break” gadget dengan risiko kehilangan garansi (jika gadget masih berada dalam masa garansi) saat terjadi sesuatu pada gadget kamu.

OS yang saat ini menjadi competitor dan cukup membahayakan keberadaaan iOs adalah Android. Android hadir di tengah-tengah dunia gadget tahun 2007, namun baru booming di masyarakat sekitar 3 tahun belakangan. Buat pecinta game, Android adalah merupakan OS yang banyak dipilih oleh mereka. Untuk pilihan ragam aplikasi, Android melalui Play Store-nya menyediakan aplikasi yang lebih bersahabat untuk para pengguna alias gratis.

Yang membuat Android populer adalah gadget berbasis Android ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah dari gadget iOs. Dengan harga gadget murah, berbagai aplikasi gratis, dan user friendly, perlahan tapi pasti, Android mulai menguasai pasar smartphone dunia. Selain itu, perkembangan teknologi yang ditawarkan gadget Android pun semakin mumpuni. Tanpa harus menyiapkan kartu kredit, pengguna Android bisa menikmati cukup banyak aplikasi yang ditawarkan oleh Play Store. Namun, satu kelemahan dari OS Android, yakni cukup rentan terserang virus dari dunia maya. Bagi pengguna Android yang ingin “menikmati” aplikasi berbayar secara gratis, mereka tinggal me-root gadget mereka, namun risiko kehilangan garansi juga harus dihadapi para pemilik gadget.

Selain kedua OS tersebut, Windows juga merupakan OS yang saat ini mulai hadir kembali. Tak hanya memonopoli dunia komputer, Microsoft pun melakukan ekspansi pada smartphone. Windows 7 mulai menjadi OS beberapa brand smartphone ternama. Dari segi tampilan, smartphone dengan OS Windows memiliki penampilan yang lebih serius dibandingkan dengan smartphone lainnya. Jika kamu tidak bisa lepas dari mesin pencari Google, kamu tidak bisa menemukan Google di sini karena Windows punya search engine khusus, Bing. Selain itu, aplikasinya yang masih terbatas juga membuat pengguna smartphone Windows belum bisa terlalu jauh mengeksplorasi smartphone mereka layaknya para pengguna iOs dan Android.

Jadi pilih yang mana? Ingat pastikan smartphone sesuai dengan kebutuhanmu.

Sumber: Fimela

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.