Thursday, 27/11/2014 | 11:59 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Pemkot Bogor Kumpulkan Partai Politik Peserta Pemilu 2014

Pemkot Bogor Kumpulkan Partai Politik Peserta Pemilu 2014

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, mengumpulkan para pengurus partai politik peserta Pemilu 2014 dalam rangka program pembinaan politik.
“Forum ini sebagai wadah silaturahmi dan tukar pikiran antara partai politik dan instansi pembina politik di Kota Bogor,” kata Kepala Kantor Kesbangpol Pemkot Bogor Aep Syaefudin di Bogor, Kamis.

Ia menjelaskan pertemuan tersebut juga untuk memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pengurus partai politik yang akan mengikuti Pemilu 2014 terkait peraturan yang terkadung dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum DPR, DPD, dan DPRD.

Menurut dia, para pengurus partai politik harus memiliki informasi yang akurat dan terkini terkait peraturan perundang-undangan bidang politik.

“Kegiatan tersebut diikuti 72 pengurus DPD atau DPC dari 12 partai politik yang ada di Kota Bogor,” katanya.

Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Sekretaris Daerah Pemkot Bogor Azrin Syamsudin mengatakan dialog antara para pengurus partai politik suatu kebutuhan untuk saling bertukar informasi tentang situasi aktual di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang berkembang di masyarakat.

Ia mengharapkan melalui forum tersebut, para politikus bisa membangun suatu pemahaman yang sama tentang perkembangan situasi terkini.?

Selain itu, katanya, mereka bisa bersama-sama menyikapi secara positif terhadap apapun masalah yang berkembang di masyarakat.

Azrin mengemukakan adanya kesepahaman dan kesamaan sikap di antara para politikus tersebut menjadi suatu kondisi yang menguntungkan untuk kehidupan masyarakat.

“Karena kesamaan itulah yang akan membuat penanganan setiap masalah menjadi lebih mudah dilakukan,” katanya.

Azrin mengemukakan perlunya pendidikan politik dan dialog politik terus dilakukan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat atau partai politik.

“Forum ini menjadi cara untuk menumbuhkan kedewasaan berpolitik di tengah masyarakat. Apabila masyarakat sudah mampu bersikap dewasa dalam berpolitik maka kehidupan demokrasi akan berjalan lebih sehat dan demokrasi akan menjadi sistem politik yang menghantar bangsa ini pada kehidupan yang lebih baik,” kata Azrin.

Sumber: Antara Bogor

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.