Friday, 28/7/2017 | 12:39 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Pemkot Bogor Akan Bangun Fly Over Perlintasan Kereta

Pemkot Bogor Akan Bangun Fly Over Perlintasan Kereta

Kemacetan yang sering terjadi di perlintasan kereta Jalan RE Marthadinata, Kecamatan Bogor Tengah, sangat meresahkan pengguna jalan yang melintas. Untuk itu, Pemerintah Kota Bogor (Pemkot) akan segera membangun fly over di perlintasan kereta tersebut. Demi mengurai kemacetan serta menjaga keselamatan pengguna jalan.

“Jadi ini situasinya sudah darurat karena frekuensi kereta per tiga menit, dan pada jam-jam sibuk kemacetan panjang sekali bisa sampai satu jam setengah, jadi merugikan warga,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya di Bogor.

Menurut Bima, rencana pembangunan fly over tersebut tahun ini sudah dibuatkan Detail Engineering Design (DED), dan pelaksanaan pembangunannya baru akan dilakukan tahun depan. “Ada hal-hal yang dilakukan secara mendesak, banyak warga yang dirugikan dengan kemacetan di perlintasan ini,” katanya.

Bima menambahkan, sebelum membangun fly over, langkah pertama yang dilakukan ialah melebarkan jalan, dengan memangkas dua pohon yang ada di sekitar area perlintasan.
“Ini sudah direkomendasikan oleh Bina Marga dan DKP, ada dua pohon dipotong agar pelebaran jalan bisa dilakukan,” ujarnya.

Selain itu, upaya lain yang akan dilakukan ialah, dengan memasang pembatas jalan (water barier) agar pengendara sepeda motor tidak pindah jalur saat melintasi perlintasan sehingga tertata dengan rapi.”Pembangunan disegerakan di APBD perubahan, jalan akan dilebarkan oleh Bima Marga. Dan kita akan bicara dengan PT KAI terutama pada saat jam sibuk durasi kereta bisa diatur,” katanya.

Selain pembangunan fly over di Jalan RE Marthadina, Bima pun mengatakan akan melanjutkan pembangunan fly over di perlintasan kereta Kebon Pedes.”Segera setelah fly over RE Marthadinata selesai, kita akan lanjutkan fly over untuk Kebon Pedes,” katanya.

Bima menambahkan, dana untuk pembangunan fisik fly over perlintasan kereta sudah diajukan ke pemerintah pusat. Setelah menunggu DED selesai, pembangunan dapat dilaksanakan tahun depan. “Estimasi anggaran untuk DED di atas Rp50 miliar,” katanya.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.