Tuesday, 21/11/2017 | 10:50 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Olah Raga yang Dapat Dilakukan Ketika Perpuasa

Olah Raga yang Dapat Dilakukan Ketika Perpuasa

Sebagian orang menganggap bahwa setiap bulan puasa adalah waktunya untuk menurunkan berat badan. Namun, yang terjadi setelah bulan puasa orang biasanya berat badan malah bertambah, apakah yang salah? Hal ini biasanya karena kurangnya kegiatan di saat puasa, apalagi jika Anda libur sebulan penuh saat puasa, mungkin saja kegiatan Anda hanya bermalas-malasan di depan tv, bermain gadget atau tidur dalam waktu yang bekepanjangan, apakah ini baik untuk kesehatan? Tentu tidak.

Menjalani puasa pada bulan ramadhan biasanya membuat kita malas berolah raga karena takut kelelahan. Padahal masih ada olahraga ringan yang dapat membantu Anda untuk tetap menjaga kesehatan dan membuat berat badan Anda tetap ideal.

Nah, Anda tidak perlu pergi ke tempat Gym untuk bisa berolah raga dengan nyaman. Info Bogor kali ini akan memberikan beberapa macam olah raga yang dapat Anda lakukan dalam keadaan puasa. Check this out!

Berjalan-jalan
Kebiasaan yang sering dilakukan orang setelah sahur dan shalat subuh adalah tidur. Padahal kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan karena akan mengganggu proses pencernaan yang ada dalam perut setelah makan sahur. Coba lah untuk berjalan-jalan di sekeliling komplek rumah Anda sambil menghirup udara segar. Hal ini akan mempermudah proses pencernaan Anda, dan menjadi sehat selama bulan puasa. Berjalan-jalan juga dapat merefresh pikiran Anda sehingga terhindar dari segala kejenuhan yang dapat menyebabkan stress.

Bersepeda
Jika Anda memiliki sepeda yang tersimpan namun jarang dipakai, ini lah waktu yang tepat untuk kembali bersepeda. Kegiatan bersepeda juga dapat Anda lakukan di sore hari sabil menunggu waktu berbuka puasa. Ajak lah teman, keluarga dan sahabat Anda bermain sepeda di sekeliling kmplek rumah Anda agar lebih mengasyikan. Bersepeda merupakan salah satu olahraga kardio yang dapat menyehatkan organ jantung, menjaga keseimbangan berat badan serta meminimalisir sakit punggung.

Yoga
Olahraga yoga juga dapat Anda lakukan di bulan puasa. Kegiatan Yoga dapat menenangkan dan menyucikan pikiran dari segala hal yang berbau negatif. Yoga juga dapat membuat tubuh Anda terlatih dalam kelenturan otot, pernafasan yang baik, dapat mempercepat proses detoksifikas dan juga menyehatkan tubuh. Dengan begini Anda tidak akan merasa lemas walaupun sedang berpuasa.

Futsal
Bagi Anda yang memang menyukai futsal, Anda dapat bermain futsal selama bulan ramadhan di malam hari setelah shalat tarawih. Futsal selain menyehatkan, futsal juga ajang untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan teman-teman Anda.

Beres-beres rumah
Jika Anda memang malas pergi ke luar rumah untuk berolahraga, Anda masih bia berolahraga di rumah. Salah satu kegiatan yang Anda dapat lakukan adalah membersihkan rumah. Hal terpenting untuk berolahraga adalah tubuh Anda tetap bergerak saat berpuasa, maka membersihkan rumah dapat Anda coba.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.