Tuesday, 21/11/2017 | 10:38 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Nostalgia Mainan Masa Kecil

Nostalgia Mainan Masa Kecil

Bagi Anda yang lahir sekitar tahun 90-an, masa kecil Anda dapat dikatakan bahagia karena masih menikmati mainan tradisional yang sekarang suit untuk ditemukan. Permainan anak-anak zaman dulu dan sekarang memang berbeda, dulu kita tidak pernah mengenal gadget yang sekarang semua anak SD hampir memainkanya. Dulu kita sibuk bermain bersama-sama di siang hari, bersama teman-teman setelah pulang sekolah. Banyak mainan yang dimainkan dari petak umpet hingga lainnya.

Sekedar untuk me-refresh kenangan masa anak-anak dulu, berikut ini adalah mainan/permainan yang dimainkan anak-anak tahun 90-an

Tazos
Siapa yang tak kenal dengan mainan ini? Ya, bagi Anda yang masih mengingat mainan ini tentu saja Anda pasti tau dari mana mendapatkannya. Tazos ini merupakan hadiah dari snack ciki tertentu, setiap snack mendapat satu hadiah tazos, bila Anda beruntung mungkin Anda akan mendapat lebih dari satu. Tazos ini selain bisa dirakit jadi segala macam bentuk, cara mainnya pun beragam. Contoh: bisa dipake buat main tepokan, yang gambarnya menghadap ke bawah berarti kalah dan si pemenang berhak buat mengambil Tazos yang kalah. Cara maen lainnya adalah: mengaitkan dua Tazos jadi satu, taruh di lantai, tepok salah satu Tazos, sampai loncat. Kalau lagi main bareng temen, lihat mana yang loncat paling jauh. Yang loncatan Tazos-nya paling jauh itulah yang menang. Biasanya anak-anak di masa itu pasti punya Tazos jagoan untuk dimainkan.

Congklak
Semua orang pasti tau permainan ini, permainan tradisional ini bahkan masih dimainkan saat ini. Meski terlihat simpel, sebenarnya permainan ini membutuhkan strategi dan kemampuan berhitung cepat untuk mengalahkan lawanmu. Biasanya mainnya menggunakan cangkang kerang atau bahkan dalam versi hematnya ada yang menggunakan kerikil.

Bola Bekel
Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan, Kalau di Jawa biasanya disebut dengan permainan gatheng atau bal centil. Ya, karena bolanya itu centil banget bisa loncat kesana-kemari. Cara bermainnya adalah dengan memantulkan bola sekaligus menghamparkan seluruh biji kuningan ke lantai, dan mengambilnya satu-satu sambil terus memantulkan bola setiap berhasil mengambil satu biji. Setelah mengambil biji satu-satu, tahap berikutnya adalah mengambil dua-dua, tiga-tiga, empat-dua, lima-satu, dan enam sekaligus. Setelah itu, permainan menjadi semakin menarik, karena pemain harus mengubah biji menjadi posisi pit (bentuknya jadi seperti kursi), ru (kebalikan posisi pit), cin (posisi samping biji yang licin) dan peng (posisi kebalikan dari cin). Kalo semua biji udah diubah posisinya, terus diambil lagi satu persatu yang polanya seperti di awal mula permainan. Menyasyikan bukan?

Tamagotchi
Tamagotchi adalah binatang virtual. Berbentuk bulat pipih kecil atau ada juga yang berbentuk telur, dengan layar kotak di bagian depannya. Dengan mainan ini kamu bisa mengadopsi binatang kesayangan, seperti kelinci, ayam dan bahkan dinosaurus. Mula-mula binatang dirawat dari bayi, diberi makan, memandikan, pergi untuk pup, dan jika kalian nggak disiplin dalam merawat binatang piaraanmu itu, jangan heran jika suatu saat dia akan sakit, bahkan mati.

Yoyo
Yoyo zaman dulu hanya terbuat dari kayu yang berbentuk bulat dan diberi tali yang cukup tebal. Cara memainkanya pun cukup mudah dengan menarik-ulur tali pada yoyo.

Itu lah beberapa mainan yang dapat mengingatkan kita pada masa kecil kita.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.