Tuesday, 21/11/2017 | 10:44 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Mengunyah Lebih Lama Membuat Nafsu Makan Berkurang

Mengunyah Lebih Lama Membuat Nafsu Makan Berkurang

Berdiet tak hanya tentang makanan apa yang dikonsumsi, tetapi juga bagaimana cara Anda memakannya. Ada cara mudah agar Anda bisa mengontrol nafsu makan, yaitu dengan mengunyah makanan lebih lama.

mengunyah makanan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa cara makan juga bisa mempengaruhi jumlah makanan yang Anda konsumsi. Mereka mengatakan bahwa rahasianya adalah dengan mengunyah makanan setidaknya 30 detik sebelum menelannya, seperti dilansir oleh Daily Mail.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mengunyah lebih lama memiliki efek besar dalam menekan nafsu makan. Dengan mengunyah lebih lama, Anda akan menjadi tak berselera untuk makan banyak atau mengonsumsi makanan manis seperti cokelat, permen, atau makanan junk food lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Birmingham ini menemukan bahwa orang yang mengunyah makanan dengan perlahan mengonsumsi makanan 50 persen lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang makan dengan normal.

Penemuan yang lalu pernah menunjukkan bahwa mengunyah lebih lama bisa memperlambat penyerapan kalori dalam tubuh. Namun penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Appetite ini menunjukkan bahwa mengunyah lebih lama juga menekan kebiasaan ngemil.

Penelitian ini dilakukan pada 43 mahasiswa, kebanyakan wanita, yang diminta mengunyah makanan dengan cara berbeda-beda. Sepertiga dari mereka diminta makan dengan normal, sepertiga diminta mengunyah selama 10 detik, sementara sepertiga lainnya diminta untuk mengunyah selama 30 detik.

Setelah itu, di sore hari mereka diberikan cemilan berupa makanan manis, permen, dan cokelat. Hasilnya, siswa yang mengunyah seperti biasa dan mengunyah selama 10 detik mengonsumsi cemilan dengan jumlah sama. Sementara siswa yang mengunyah makanan selama 30 detik mengonsumsi hanya setengahnya.

Meski begitu, tampaknya kebiasaan mengunyah lebih lama ini memiliki efek samping. Peneliti mengatakan bahwa siswa yang mengunyah makanan lebih lama terlihat kurang gembira setelah makan siang dan tidak terlihat menikmati makan siang mereka.

 

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.