Tuesday, 16/1/2018 | 3:17 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Manfaat Tidur Malam yang Tidak Pernah Diduga

Manfaat Tidur Malam yang Tidak Pernah Diduga

Ketika masih kecil atau di usia dini waktu tidur rata-rata berkisar tujuh hingga dalapan jam per harinya. Seiring berjalannya waktu, waktu tidur seseorang akan semakin berkurang karena mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan dan hal lainnya. Jika Anda merasakan waktu tidur mulai berkurang, ada baiknya utnuk mulai mencermati kegiatan sehari-hari Anda.

Padahal dengan waktu tidur yang cukup, bisa membuat Anda lebih produktif, membantu meningkatkan suasana hati, dan yang paling terlihat adalah mampu mencegah lingkaran hitam dibawah mata.

Berikut ini ada beberapa manfaat tidur yang cukup bagi kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Meningkatkan memori atau daya ingat
Sepanjang waktu tidur kita, akan ada aktivitas yang disebut sebagai konsolidasi. Saat tidur, ingatan akan diperkuat dan kembali mereview apa saja yang sudah Anda lakukan sepanjang hari. Itulah sebabnya, apabila aAnda sedang mencoba belajar sesuatu maka hasilnya akan terlihat lebih baik setelah tidur.

Kesempatan hidup lebih lama
Mungkin menurut beberapa orang ini merupakan pernyataan yang salah. Namun faktanya dari penelitian yang sudah dilakukan mendapatkan hasil bahwa dengan tidur cukup bisa memiliki kesempatan hidup cukup lama.

Mengurangi Resiko Kematian
Penelitian dilakukan pada wanita usia 50 hingga 79 di tahun 2010 mengungkapkan, kematian lebih banyak terjadi pada wanita yang tidur kurang dari lima jam setiap malamnya.

Resiko stres lebih rendah
Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, anda akan memiliki suasana hati atau mood yang lebih baik. Dengan demikian akan mengurangi stress karena pekerjaan atau hal lainnya di sepanjang hari.

Jantung Sehat
Apabila Anda terhindar dari stres secara tidak langsung juga akan memiliki jantung yang sehat dan juga kolesterol yang baik.

Memiliki berat badan sehat dan ideal
Jika Anda sedang menjalani program diet, apapun jenisnya, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Peneliti dari University of Chicago menemukan, mereka yang sedang menjalani program diet dengan waktu istirahat yang cukup akan mengalami penurunan lemak hingga 56% dari berat badannya. Sedangkan mereka yang kurang tidur akan memiliki rasa lapar lebih tinggi dan kehilangan massa otot.

Meningkatkan kreatifitas
Dari penelitian yang pernah dilakukan terungkap bahwa tidur dengan waktu yang cukup mampu memperkuat komponen emosional, yang bisa membantu meningkatkan kreatifitas seseorang. Oleh sebab itu sebelum Anda keluar rumah untuk beraktivitas sebaiknya lakukan tidur malam yang cukup. Karena selain mengkonsolidasi dan memperkuat memori, otak juga akan menata memori hingga akhirnya memberi kita banyak kreatifitas.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.