Thursday, 18/12/2014 | 9:34 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Makan Yogurt Bisa Redakan Stres dan Cemas

Makan Yogurt Bisa Redakan Stres dan Cemas

Post by relatedRelated post

User Rating

Makan yogurt dua kali sehari bisa meredakan rasa cemas dan stres. Penelitian baru menunjukkan bahwa yogurt bisa menurunkan aktivitas pada bagian otak yang berkaitan dengan emosi.

Peneliti dari UCLA School of Medicine di Amerika Serikat melakukan pengamatan terhadap 36 wanita. Penelitian itu menunjukkan bahwa mengonsumsi yogurt dua kali sehari bisa menurunkan aktivitas otak yang berkaitan dengan emosi, dan meningkatkan aktivitas otak yang berkaitan dengan pengambilan keputusan.

“Banyak orang yang mengonsumsi yogurt untuk cemilan atau untuk mendapatkan kalsium. Kita mengira manfaat kesehatan yogurt hanya itu. Padahal yogurt juga bisa mempengaruhi otak,” ungkap ketua peneliti Dr Kirsten Tillisch, seperti dilansir oleh NY Daily News (03/06).

Penelitian sebelumnya yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ketika stres otak memberikan sinyal pada bakteri dalam lambung. Itulah mengapa seringkali penyakit pikiran kemudian berdampak pada kesehatan pencernaan. Namun sebelumnya tak ada penelitian yang membuktikan hal ini pada manusia.

Dalam penelitian, partisipan berusia 18 – 53 tahun dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok mengonsumsi yogurt dengan bakteri hidup, kelompok lain mengonsumsi produk susu tanpa bakteri, dan kelompok tiga tak diberikan produk apapun. Penelitian ini dilakukan selama empat minggu dengan pemeriksaan fMRI pada otak untuk mengenali emosi.

Hasilnya, penelitian menunjukkan bahwa dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi yogurt dengan bakteri hidup, partisipan yang mengonsumsi probiotik yogurt mengalami penurunan aktivitas pada bagian otak yang berkaitan dengan emosi, serta sensasi tubuh bagian dalam yang berhubungan dengan bakteri pada sistem pencernaan.

Sumber:  NY Daily News

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.