Friday, 28/7/2017 | 12:37 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Lomba Mulung Sampah Ciliwung, Aksi Nyata Warga Bogor Memulihkan Ciliwung

Lomba Mulung Sampah Ciliwung, Aksi Nyata Warga Bogor Memulihkan Ciliwung

Pada hari Sabtu, 30 Mei 2015 kemarin Sungai Ciliwung tampak beda. Kerumunan warga tampak tumpah ruah di sepanjang Ciliwung. Mereka sedang berpartisipasi dalam Lomba Mulung Ciliwung ke-7 yang diinisiasi oleh Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) dan Pemerintah Kota Bogor. Hampir dua ribu warga berhasil mengangkat sampah anorganik sebanyak hampir 2,500 karung dari Sungai Ciliwung.

Lomba Mulung Ciliwung diikuti oleh 13 kelurahan dari hulu di Katulampa hingga ke arah hilir di Kelurahan Sukasari. Dalam rangkaian acara Hari Jadi Kota Bogor ke-533, Lomba Mulung Ciliwung ke-7 ditutup dengan hasil: Kelurahan Tanah Sareal berhasil memperoleh 3292 poin; Kelurahan Sempur memperoleh 2054 poin; dan Kelurahan Tanah Sareal memperoleh 1907 poin. Kriteria penilaian dalam Lomba Ciliwung adalah: jumlah warga yang berpartisipasi; jumlah karung yang berhasil diangkat; dan kreatifitas warga pada saat Lomba Mulung. Penyerahan hadiah dan Piala Bergilir Ciliwung Bersih secara resmi oleh Walikota Bogor akan diselenggarakan pada Rapat Paripurna, 3 Juni mendatang.

Lomba Mulung ini merupakan agenda tahunan dan sudah tujuh kali diselenggarakan. Dalam sambutan pembukaan kegiatan lomba mulung, Walikota Bogor Bima Arya mengingatkan pentingnya sinergi berbagai pihak dalam memperbaiki kondisi Ciliwung, “Kalau Pemerintah Kota saja tidak sanggup, tidak cukup, tenaganya terbatas, harus didorong oleh warga. Ini tanggung jawab kita semua.” Lebih dari tiga ratus tenaga sukarela membantu pelaksanaan Lomba Mulung Ciliwung dan banyak dari mereka yang juga datang dari luar Kota Bogor, seperti Depok dan Jakarta.

Koordinator Lomba Mulung Ciliwung ke-7, Muhamad Muslich mengatakan,” Tahun ini, lomba mulung sudah memasuki tahun ketujuh. KPC sangat antusias melihat respon warga Bogor yang semakin baik dan ingin beraksi nyata untuk Ciliwung. Namun kami juga berharap apa yang kita lakukan di Bogor bisa menginspirasi dan memicu sinergi dan komitmen lebih dari multipihak untuk memulihkan Sungai Ciliwung dan mewujudkan cita-cita kita akan Sungai Ciliwung yang bersih, berair bening, dan sejuk.”

LMSC7

– Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor merupakan sebuah komunitas warga yang peduli terhadap kebersihan dan kelestarian Sungai Ciliwung. Informasi mengenai KPC bisa diakses di

– Sebelumnya dalam enam kali penyelenggaraan lomba mulung, ribuan warga Kota Bogor telah mengangkat sampah sebanyak 11,435 karung berukuran 25-50 kilogram. Pada tahun 2014, sebanyak 1987 warga Bogor mengangkat 2089 karung berisi sampah anorganik dari CIliwung.

– Sungai Ciliwung merupakan sungai yang mengalir dengan panjang kurang lebih 120 kilometer. Sungai ini dibentuk dari penyatuan aliran puluhan sungai kecil di Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Jawa Barat. Ciliwung mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah ekosistem DAS untuk menopang kehidupan masyarakat, baik di hulu maupun hilir.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.