Tuesday, 21/11/2017 | 9:06 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Kopdar Istana Untuk Rakyat, Momen Langka Bercengkrama dengan Ibu Negara

Kopdar Istana Untuk Rakyat, Momen Langka Bercengkrama dengan Ibu Negara

Berawal dari informasi di instagram, bahwa akan ada acara kopi darat dari para followers Ibu Negara, Hj. Ani Yudhoyono. Dalam akun instagramnya @aniyudhoyono, Ibu Negara meng-upload undangan kopdar ini.

Ayo berpartisipasi dalam acara Kopdar Istura (Kopi Darat Istana untuk Rakyat) bertema Fotografi bersama Ibu Negara Republik Indonesia, Ibu Hj Ani Bambang Yudhoyono. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan ke www.kopdaristura.org dan twitter @IstanaRakyat,

Setelah melakukan pendaftaran dengan mengisi form yang tersedia di website kopdar Istana Untuk Rakyat, saya tidak berharap apa-apa, karena saya pikir pastinya ratusan orang akan melakukan hal yang serupa dengan saya. Akan tetapi, sekitar H-2 saya menerima telepon bahwa saya terpilih menjadi salah satu dari 25 instagramers yang berkesempatan bertemu dengan Ibu Negara di Istana Bogor.

Hari yang ditunggu datang juga, dengan segala persiapan seperti prosedur baju yang perlu diperhatikan, dan segala macam perasaan campur aduk pada hari itu, termasuk bersama beberapa teman khusus membeli batik lengan panjang baru untuk acara makan malam dengan Ibu Negara.

Jum’at (5/7), semua peserta dikumpulkan di dalam pavilion utama yang merupakan tempat istirahat yang biasa digunakan oleh para menteri. Raut muka yang bahagia terpancar dari setiap peserta instagramers yang merupakan followers dari akun instagram @aniyudhoyono.

Kegiatan pertama yang dilakukan bersama-sama di Istana Bogor siang itu adalah tour istana, melihat koleksi-koleksi lukisan peninggalan Presiden Soekarno.

Selesai berkeliling Istana Bogor, akhirnya saat-saat yang ditunggu datang juga. Panitia membawa rombongan instagramers menemui Ibu Negara yang sudah menunggu didepan tangga gedung utama.

Ibu Negara menyambut kedatangan Instagramers di Istana Bogor (Foto by: Imelda Sari)Ibu Negara menyambut kedatangan Instagramers di Istana Bogor (Foto by: Imelda Sari)

Berbaju santai, dengan rompi coklat, celana kargo, dan sepatu kets, akhirnya kami bertemu dengan 1st lady, Ibu Negara Indonesia, Hj. Ani Yudhoyono. Beliau dengan sangat ramahnya menyambut satu persatu peserta instagramers yang jumlahnya sebanyak 25 orang.

“Selamat siang semuanya, apa kabar? Selama ini kita cuma ketemu di instagram, cuma bisa lihat foto-fotonya ya, sekarang kita bertemu langsung..” ucap Ibu Negara menyapa instagramers.

Acara siang itu dengan Ibu Negara adalah hunting foto bersama. Ibu Negara mengajak instagramers untuk melihat lebih dekat kijang totol yang ada dihalaman Istana Bogor. Kijang totol yang ada di dalam lingkungan halaman Istana Bogor ini sangat banyak, ada lebih dari 600 ekor. Para peserta yang mengikuti kegiatan sangat antusias sekali mengambil foto kijang dan pemandangan disekitar Istana Bogor.

Selagi mengambil foto kijang yang berlarian saat diberi makanan oleh pengurusnya, Ibu Presiden mengatakan, ada satu kijang yang diberi nama Ucok, kijang dengan tanduk yang tidak simetris, adalah kijang yang paling menurut.

“Biasanya kalau kita panggil Ucok, dia langsung datang..” ucap beliau sambil membidik objek kijang-kijang disepanjang halaman istana.

Puas dengan memotret kijang, Ibu Negara mengajak kami untuk melanjutkan hunting foto Istana Negara, memotret gedung utama dari seberang kolam air pancur yang ditumbuhi teratai.

Saat itu, Ibu Negara sempat mendapat kado kejutan dari salah satu peserta, Dina Kosasih memberikan hadiah monopod kepada Ibu Negara sebagai hadiah ulang tahun.

Beliau tampak senang, “Wah bisa motret bareng cucu atau Bapak nih.” Ucap beliau saat diberikan petunjuk untuk self timer foto dengan menggunakan monopod dan telepon genggam oleh Dina.

Ibu Negara surprise mendapat kado monopod untuk telepon genggam yang diberikan salah satu peserta kopdar Dina Kosasih dari komunitas instagramIbu Negara surprise mendapat kado monopod untuk telepon genggam yang diberikan salah satu peserta kopdar Dina Kosasih dari komunitas instagram. (Foto by: Imelda Sari)

Saat sedang asik mencari spot mengabadikan gambar melalui jepretan kamera foto, tiba-tiba saja para peserta dikejutkan dengan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyapa dan mendatangi peserta dari seberang kolam, beliau turun dari car caddy nya dan dengan sangat hangatnya menyapa instagramers satu persatu.

“Yang difoto gedungnya, jangan foto saya ya..” Ucap Pak SBY saat menyalami instagramers disamping kolam.

Moment itu tentunya tidak dilewati begitu saja, para peserta meminta untuk foto bersama Presiden SBY dan juga Ibu Negara didepan gedung.

“Gemetaran, nggak nyangka Pak SBY bakal turun juga ketemu sama kita..” ujar Ilman salah satu peserta instagramers.

Presiden Susisol Bambang Yudhoyono Ikut menyapa Instagramers di halaman Istana Bogor (Foto by: Imelda Sari)Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Ikut menyapa Instagramers di halaman Istana Bogor (Foto by: Imelda Sari)

Setelah acara hunting foto berakhir, para peserta diajak kedalam ruang gedung utama, Ibu Negara berbagi pengalaman fotografinya bersama para instagramers. Setiap peserta menceritakan hasil jepretannya, satu foto yang merupakan foto paling favorit. Beragam jenis mulai dari street foto yang bernuansa humanism, upacara adat, foto binatang, dan foto-foto pemandangan.

Ibu Presiden memang diketahui sangat menyukai fotografi, beliau bercerita kamera tidak pernah lepas dari tangannya ketika beliau berpergian.

“Sebetulnya saya tidak pernah menyiapkan waktu-waktu tertentu untuk hunting foto, saya membawa kamera, dimana ada kesempatan dan saya rasa bagus akan saya foto.” Ujar Ibu Presiden sambil menunjukkan karya-karya fotonya yang diambil pada saat beliau bertugas mendampingi Presiden SBY.

Untuk diketahui, bahwa Ibu Negara mulai aktif di aplikasi Instagram sejak April 2013. Pada tanggal 10 April 2013, Ibu Presiden, yang juga pegiat fotografi, mengunggah foto pertama kalinya. Setiap foto tampak diberi judul atau keterangan untuk mempertegas maknanya. Foto-foto yang diunggah juga mencantumkan kredit di bagian bawah foto, bertuliskan: c. Ani Yudhoyono – 2013. Pembuatan akun Instagram “aniyudhoyono” ini tidak terlepas dari hobi memotret yang dilakoni Ibu Negara.

Acara kopi darat yang diselenggarakan oleh Istana Untuk Rakyat ini pada malam hari ditutup dengan acara makan malam, dan berfoto bersama ditangga gedung utama, para instagramers berdiri seperti para menteri yang hendak berfoto dengan kepala negara, Presiden SBY menyebut momen foto malam itu dengan sebutan, Kabinet Instagram. (Irfan)

Berikut testi moni dari beberapa peserta yang sangat antusias sekali mengikuti acara kopi darat Istana Untuk Rakyat, momen yang sangat langka dan akan dikenang seumur hidup, karena dapat bertemu serta bercengkarama langsung dengan Bapak SBY dan Ibu Hj. Ani Yudhoyono.

“Beliau down to earth sekali ya, pintar dan talkative..” Rily Syawalia

“Sesuatu banget bisa ketemu Ibu Negara, ternyata orangnya sangat ramah dan terbuka untuk berbicara dengan siapa saja, passionnya di bidang fotografi juga kerasa banget, seneng bisa ketemu dan ngobrol bareng beliau..” Aries Lukman

“Seneng banget bisa diberikan kesempatan untuk ketemu Ibu Negara, apalagi sekaligus ketemu Pak Presiden, diterima dengan sangat baik, dan ramah, momen berharga yang nggak bakal bisa dilupain..” Sarah Hubeis

“Kayak mimpi deh, tapi seneng banget ketemu first lady sama Pak SBY..”Reza Riwanda

“Ketagihan, mau minta lagi..” Trio Ahmad

“Bangga punya Ibu Negara yang mau mendekatkan diri dengan rakyatnya yang keren-keren ini..” M. Irvanie Rama H

“Lebih seneng foto sama Ibu Ani dari pada hunting foto rusa, rusa ditaman safari juga banyak hehehe..” Yani Saleh

“Bangga dan bahagia punya Presiden dan Ibu Negara yang mau menerima kehadiran rakyatnya dan dengan sangat hangat menempatkan kami ditempat-tempat terbaik di istana..” Ratih Purwanto

“Moment yang tidak terlupakan seumur hidup, dan cerita yang selalu jadi cerita terbaik sampe punya cucu nanti, senang dengan Bapak dan Ibu Negara yang hebat, yang perduli rakyatnya..” Klara Mustika

“Saya senang karena pemilihan tempatnya di Istana Bogor, dan sebagai bukti usaha dari Bapak dan Ibu Negara yang ingin mendekatkan diri dengan masyarakatnya melalui sosial media..” Deasy

“Bahagia dan bangga bisa mendapatkan kesempatan bertemu SBY dan Ibu Ani Yudhoyono. Disamping ketertarikannya dengan fotografi, ternyata beliau juga pecinta lingkungan. Kami diterima dengan sangat ramah dan dengan segala keterbatasannya kami masih bisa berfoto serta berbincang dengan beliau. Salam untuk seluruh panitia Kopdaristura dan rekan-rekan teruslah berkarya serta cintai lingkungan..” Windhu Pratomo

Para peserta berkumpul di paviliun Istana Bogor seusai penutupan Kopdar IsturaPara peserta berkumpul di paviliun Istana Bogor seusai penutupan Kopdar Istura (Foto by: Klara)

Sumber: NPCI

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.