Tuesday, 21/11/2017 | 10:49 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Ketumbar, Si Mungil yang Memiliki Sejuta Khasiat

Ketumbar, Si Mungil yang Memiliki Sejuta Khasiat

Ketumbar yang biasanya dipakai untuk menambah citarasa dalam memasak, ternyata tidak hanya mempunyai fungsi tersebut. Ketumbar dapat dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal tersebut tidak lain disebabkan oleh kandungan berbagai senyawa di dalam ketumbar. Ketumbar mengandung 11 komponen minyak esensial, 6 tipe senyawa asam (termasuk asam askorbat atau Vitamin C), berbagai mineral dan juga vitamin, yang masing-masing memiliki kontribusi tersendiri dalam meningkatkan kualitas kesehatan manusia.

Berbagai Negara banyak memanfaatkan ketumbar sebagai obat dari berbagai penyakit, contohnya sebagai antikanker. Obat keputihan, meredakan pusing, muntah-muntah, wasir, bau badan, radang lambung dan lainnya. Begitu banyak khasiat biji ketumbar karena mengandung beragam senyawa aktif. Bagian tanaman yang bermanfaat berupa daun, biji, dan buahnya mengandung senyawa aktif seperti sabinen, mirsen, alfa terpinen, osimen, linalool, geraniol, decanal, desilaldehida dan trantridese, yang bisa menjadi obat antikanker.

Ketumbar juga mengandung minyak esensial yang dapat membantu proses sekresi enzim dan cairan pencernaan dalam perut. Minyak esensial merangsang proses pencernaan dengan meningkatkan gerakan peristaltik pada saluran pencernaan. Minyak esensial di dalam ketumbar juga membantu dalam mengatasi anoreksia, karena sifatnya yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Khasiat lain dari biji ketumbar diantaranya sebagai obat untuk penyakit Diabetes mellitus. Ketumbar mengandung kumin yang mampu menstimulasi kelenjar endokrin dalam meningkatkan sekresi insulin ke pankreas, peran itu membantu mengubah gula darah bebas menjadi glikogen. Akibat diubahnya gula darah bebas ke glikogen atau bentuk senyawa gula yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh,  proses itu lah yang dapat membuat kadar gula yang tinggi menjadi normal.

Untuk mendapatkan khasiat-khasiat seperti diatas, ada beberapa cara pengolahan ketumbar untuk dijadikan obat. Ketumbar yang akan digunakan sebagai obat luar bisa dilakukan dengan cara menghaluskan biji ketumbar kemudian dicampur dengan air dan bahan lainnya hingga menjadi adonan. Kemudian, oleskan adonan tersebut pada bagian tubuh yang akan diobati.

Ketumbar sebagai obat dalam dapat dilakukan dengan cara direbus bersama bahan herbal lainnya kemudian air rebusannya disaring dan diminum secara rutin. Cara ini biasanya digunakan untuk menambah ASI (Air Susu Ibu) pengobatan muntah-muntah dan meredakan pusing. Apabila mengalami Influenza ketumbar ditambah dengan jahe, bawang putih dan madu.

Untuk wanita ketumbar juga  dapat mengatasi nyeri  pada saat haidh, dengan cara merebus 200 gram ketumbar tanpa dihaluskan kemudian disaring airnya kemudian diminum. Indonesia kaya akan sumber daya alam yang memiliki berbagai manfaat. Ketumbar sangat mudah didapatkan dan mudah untuk diolah untuk menjadi obat. Menambahkan ketumbar dalam masakan juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Banyak kandungan yang terdapat dalam ketumbar, juga berbagai macam khasiat yang tak terhitung di dalamnya. Mulailah untuk memiliki gaya hidup sehat dengan banyak mengonsumsi ketumbar. Selamat mencoba.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.