Tuesday, 21/11/2017 | 10:42 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Kenali 5 Penyebab Kebotakan Rambut!

Kenali 5 Penyebab Kebotakan Rambut!

Kebotakan rambut menjadi salah satu masalah yang bisa mengurangi rasa percaya diri, baik pada wanita maupun pria. Selain itu, masalah kebotakan rambut juga dipengaruhi oleh faktor kesehatan. 

Berikut adalah lima penyebab kebotakan rambut yang harus Anda ketahui.

Penggunaan obat-obatan
Jika Anda secara teratur mengonsumsi obat-obatan seperti pil KB, pil diet, obat tiroid, obat anti-inflamasi non-steroid, obat penurun kolesterol, obat radang sendi, obat maag, dll, Anda akan berisiko menderita kebotakan rambut. Selain itu, penipisan rambut juga bisa disebabkan oleh prosedur pengobatan seperti kemoterapi.

Pola makan yang buruk
Kekurangan vitamin dan nutrisi dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin B dan zat besi akan membuat rambut mudah rusak dan rontok. Juga, jika Anda sering makan makanan berlemak, hal itu akan mendorong timbunan plak kolesterol dan penipisan pembuluh darah. Hal ini pada gilirannya akan menghambat pasokan oksigen dan nutrisi yang tepat untuk rambut.

Sindrom ovarium polikistik
Penipisan rambut juga bisa menjadi gejala dari sindrom ovarium polikistik (PCOS). Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang mungkin berdampak pada pertumbuhan rambut berlebih di wajah dan bagian tubuh lainnya, sedangkan rambut di kulit kepala mulai menipis atau rontok.

Alasan hormonal
Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu alasan penyebab rambut rontok. Mengonsumsi pil KB, hamil, dan terapi hormon dapat membuat rambut menipis atau rontok. Selain itu, penipisan rambut juga bisa dilatarbelakangi alasan genetik. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan masalah penipisan rambut, Anda berada pada risiko lebih tinggi menderita penyakit yang sama.

Penuaan
Penuaan memiliki peran besar dalam masalah penipisan rambut. Ketika usia Anda bertambah tua, proses pertumbuhan rambut Anda akan melambat. Seiring dengan bertambahnya usia, produksi estrogen pada wanita akan menurun. Ini akan semakin memperparah penipisan rambut.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.