Wednesday, 20/9/2017 | 9:20 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Kemarau Panjang Pemkot Bogor Gelar Shalat Istisqa

Kemarau Panjang Pemkot Bogor Gelar Shalat Istisqa

Sekitar pukul 14.00 , ratusan warga Bogor melakukan shalat istisqa di lapangan sempur Kota Bogor. Pelaksanaan shalat dihadiri oleh Wali Kota Bima Arya Sugiarto, Wakil Wali Kota Usmar Hariman, Dandrem 061/Suryakancana, Kol Inf Fulad, Sekretaris Daerah Ade Syarif Hidayat, pimpinan unsur Muspida. Shalat ini dipimpin langsung Ketua MUI Kota Bogor KH Adam Ibrahim.

Jamaah shalat istisqa ini antara lain terdiri sari masyarakat kota Bogor, pegawai pemerintahan, anggota dewan, pelajar, unsur TNI dan juga Kepolisian.  Jamaah sendiri telah berdatangan sejak pukul 13.00. sebelum dimulai, jamaah diberitahukan tata cara melakukan shalat Istisqa serta melakukan zikir Istigfar berkali-kali.

“kita berikhtiar, karena segala sesuatunya ada pada kuasa  Allah Swt, bersama MUI dan seluruh Jamaah di Kota Bogor ini, kita sampaikan doa kita permohonan kita kepada Allah swt agar kota Bogor yang dikenal sebagai dengan kota Hujan kembali diturunkan hujan” Ujar Walikota Bogor Bima Arya seusai melakukan shalat Istisqa pada hari Jumat (24/07.

Shalat istisqa ini dilakukan karena hampir  genap satu bulan kota Bogor tidak mengalami hujan. Pemerintah Kota Bogor mendapatkan laporan  di beberapa titik di daerah kota Bogor seperti mulya harja, situ gede, dan suka damai mengalami kekeringan yang cukup parah, rumput-rumput yang berada di sekitar istana juga mengalami kekeringan sehingga rusa-rusa yang ada disana sulit untuk makan.

Setelah melakukan shalat istisqa, ketua MUI kota Bogor Adam Ibrahim melakukan khutbah. Setelah khutbah jamaah Shalat istisqa melakukan doa bersama yang diawali dengan membaca istigfar berkali-kali. Dengan suara lantang, ketua MUI Bogor memimpin langsung doa tersebut.

Ajakan Shalat Istisqo ini juga disebarluaskan oleh Humas Sekretariat Pemkot Bogor melalui pesan BBM, maupun pemberitaan di website.

“Pemkot Bogor mengharapkan partisipasi semua warga, baik tua maupun muda, pelajar, karyawan, masyarakat hingga pejabat dan para ulama serta umaroh untuk bersama-sama berdoa memohon agar turun hujan di Kota Bogor,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Kota Bogor, Encep Moh Ali Alhamidi.

Kemarau yang sedang terjadi ini juga membuat Walikota segera bertindak dengan memebrikan intruksi kepada PDAM Tirta Pakuan untuk memberikan bantuan pasokan air bersih ke beberapa titik di kota bogor yang mengalami kekeringan yang parah tanpa dipungut biaya sepeser pun. Walikota juga mengatakan bahwa apabila minggu ini masih tidak turun hujan, maka akan dilakukan lagi Shalat istisqa sebanyak tiga kali pada pekan mendatang.

 

gambar

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.