Tuesday, 21/11/2017 | 10:40 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Jangan Sepelekan Buka Bersama

Jangan Sepelekan Buka Bersama

Jangan Sepelekan Buka Bersama, Buka Bersama bukan Dosa Bersama

Tidak terasa, waktu bergulir begitu cepat. Tinggal menghitung hari menuju hari kemenangan dan meninggalkan bulan yang suci ini, bulan Ramadhan. Sudah sepatutnya sebagai seorang muslim memanfaatkan bulan ini untuk memperbaiki diri dan berlomba-lomba mengejar pahala dari Allah SWT.

Banyak hal-hal yang hanya kita lakukan di bulan Ramadhan yang satu tahun sekali ini datangnya. Banyak orang juga memilih moment Ramadhan untuk berkumpul dan bernostalgia dengan teman-teman lama yang terbalut dengan Buka Bersama. Buka Bersama ini seolah-olah sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang di Indonesia. Pasti selalu ada undangan Buka Bersama setiap tahunnya, mulai dari Buka Bersama alumni TK, SD, SMP, SMA, dan segala macam komunitas yang pernah kita ikuti. Terbayang kan padatnya jadwal di bulan Ramadhan karena banyaknya ajakan untuk bersilaturahmi.

Buka Bersama bukan suatu hal yang negatif. Kegiatan positif dan memberikan banyak manfaat. Salah satunya menjaga silaturahmi antara teman, berbagi cerita dan pengalaman setelah sekian lama tidak berjumpa, dan untuk mengupdate informasi mengenai teman. Tapi, ada hal yang sering kita lalaikan saat sedang buka bersama ini, yang menjadikan Buka Bersama tidak lagi hal yang positif mendatangkan pahala, melainkan dosa. Apa hal itu? Yaitu meninggalkan Shalat.

Setelah adzan Maghrib berkumandang, orang-orang berbuka, lalu bercanda, mengobrol, foto-foto, terus asik dengan hal-hal tersebut hingga lupa dengan Shalat Maghrib. Nah, kalau sudah seperti ini dosa yang kita dapat. Padahal ini adalah bulan Ramadhan, bulan yang seharusnya jadi ladang untuk meningkatkan amal shalih karena ganjarannya berlipat ganda. Puasa Ramadhan itu wajib, shalat lima waktu pun hal yang wajib dikerjakan seorang muslim.

Kerjakan semuanya, jangan pilih-pilih. Mengerjakan puasa tapi meninggalkan shalat wajib, termasuk saat Buka Bersama, menunjukkan bahwa puasanya itu sekedar formalitas. Sayang dong, sudah lelah menahan lapar dan haus, tapi ternyata kita tidak mendapatkan apa-apa? So, jangan lalaikan hal-hal yang wajib. Buka Bersama boleh, alangkah bagusnya lagi jika setelah buka menjalankan Shalat Bersama. Pahala dapat, kesenangan bertemu teman juga dapat. Selamat Berpuasa!

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.