Sunday, 21/12/2014 | 9:59 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Inilah Klub Sepakbola Termahal di Dunia

Inilah Klub Sepakbola Termahal di Dunia

Real Madrid bisa jadi klub terkaya di dunia. Namun ternyata kekayaannya tidak menjadikan klub tempat CR7 bernaung menjadi yang paling mahal. Manchester United, klub sepakbola asal Inggris-lah yang memegang rekor klub termahal di dunia.

Yup, seperti yang baru dirilis oleh majalah Forbes baru-baru ini, “harga” The Red Devils setara dengan US$3,3 miliar. Inilah pertama kalinya sebuah klub sepakbola mencapai angka yang sedemikian fantastisnya.

Apa yang menjadikan klub tempat Wayne Rooney dan Van Persie ini begitu mahal? Selain performanya yang cukup baik di lapangan hijau (terutama setelah masuknya Van Persie), performa MU di lantai bursaNew York Stock Excange ternyata jugadinilai cukup bagus. Sejak masuk lantai bursa NYSE pada Agustus 2012 lalu, harga saham United hanya US$14 per lembar sahamnya, bahkan sempat menurun beberapa hari berikutnya. Namun kini harga saham per lembarnya sudah mencapai US$17.

Masuknya sponsor baru seperti Kansai dan China Construction Bank menjadikan harga saham United melambung. Mereka memang mengalami penurunan pendapatan dari televisi pada pertengahan tahun lalu. Namun hal itu masih bisa diimbangi dengan baiknya performa mereka di lapangan hijau. Kini MU memuncaki klasemen sementara Barclays Premiership League dan lolos ke fase knock out Champions League.

Fakta ini juga mematahkan pendapat yang mengatakan bahwa klub olahraga yang masuk ke lantai bursa pasti akan flop. Klub olahraga lain yang juga mendapat hasil bagus di lantai bursa adalah Dallas Cowboys, sebuah klub American Football di National Football League (NFL) yang bernilai US$2,1 miliar.

Sumber: Marketeers

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.