Friday, 28/7/2017 | 12:40 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Ibu dan Bayi di Bogor Terancam Terjangkit HIV / AIDS

Ibu dan Bayi di Bogor Terancam Terjangkit HIV / AIDS

Pada tahun 2015 ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bogor akan mengadakan pemeriksaan HIV/AIDS, pada warga Kota Bogor. Dinkes menargetkan sekitar 20.000 warga Kota Bogor yang akan diperiksa. Terdapat dua kategori kelompok yang akan diperiksa Dinkes, yang terdiri dari kelompok resiko tinggi dan kelompok resiko rendah.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Lingkungan, Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Edi Darma dalam dialog di Radio Lesmana, pada Rabu (8/7) mengatakan, Pemeriksaan akan dilakukan pada kelompok risiko tinggi, seperti pekerja seks komersial, pengguna narkotika, man sex man dan waria.

Edi pun menambahkan, masyarakat kelompok risiko rendah pun telah kami masukkan ke dalam daftar pemeriksaan. Hal ini disebabkan, telah ditemukannya beberapa ibu rumah tangga yang terjangkit HIV/AIDS. “Karena sudah ditemukan 5 kasus HIV/AIDS di kalangan ibu rumah tangga dan 60 kasus pada bayi,” ujarnya.

Komisi Pengendalian AIDS Bogor yang terdiri dari Diskes Kota Bogor, LSM, pengingat dan kelompok kerja (Pokja) terus berupaya membangun jaringan sejak tahun 2005. Hal ini dilakukan untuk mengaktifkan  penyuluhan pendidikan HIV/AIDS di berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa.

Selain aktif dalam penyuluhan, upaya lainya juga dilakuakn untuk memaksimalkan pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus human immunodeficiency ini. Diantaranya bekerjasama dengan KUA dan Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil, untuk melaksanakan pemeriksaan HIV/AIDS pada setiap pasangan yang akan menikah.

 

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.