Wednesday, 22/10/2014 | 10:22 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor Naik

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor Naik

Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor mulai 2013 ini mengalami kenaikan sebesar 45 persen yakni dari Rp9.500 menjadi Rp14.000 per orang.

“Sejak 2013 ini tarif tiket masuk Kebun Raya Bogor naik dari Rp9.500 menjadi Rp14.000 per orangnya,” kata Petugas Administrasi Tiketing Kebun Raya Bogor, Suciyarno, di Bogor, Minggu.

Suci menjelaskan, kenaikan tiket masuk tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 106 tahun 2012 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Atas dasar Peraturan Pemerintah nomor 106/2012 tersebut diatur ketentuan biaya tiket masuk untuk pengunjung domestik sebesar Rp14.000 per orang berlaku mulai dari anak diatas 15 tahun sampai dewasa.

Kenaikan tiket juga diberlakukan untuk mengunjung asing atau wisatawan manca negara yang dulunya dikenakan tarif sama dengan domestik yakni Rp9.500 kini menjadi Rp25.000 per orang.

Menurut Agus, sejak adanya kenaikan tarif biaya masuk Kebun Raya Bogor, beberapa pengunjung ada yang keberatan, terutama dari kalangan warga negara asing karena biaya masuk mereka jauh lebih mahal dibanding domestik.

“Ya…namanya ada kenaikan pasti ada yang keberatan, beberapa pengunjung asing sering protes ke petugas tiketing, tapi setelah kita jelaskan mereka mau menerima meski sedikit keberatan,” kata Suci.

Bahkan, lanjut Suci, pihaknya juga sempat menemukan keluhan ketika orang asing yang sudah menetap lama di Indonesia dan menjadi warga negara setempat datang berkunjung ke Kebun Raya Bogor karena dikenakan tarif warga negara asing, WNA itupun protes.

“Sedikit terkendala juga, tapi asal pengunjung itu bisa menunjukkan indentitas diri sebagai warga negara Indonesia, kita persilahkan,” kata Suci.

Meski demikian, lanjut Suci, kenaikan tarif tiket masuk Kebun Raya Bogor tidak mengurangi minat masyarakat untuk berkunjung ke pusat konservasi tumbuhan tersebut.

Terbukti pada libur akhir pekan yang bertepatan dengan hari Paskah ini, jumlah pengunjung meningkat dari hari-hari biasa dan akhir pekan sebelumnya.

Berdasarkan catatan penjualan tiket pada Jumat (29/3) jumlah pengunjung tercatat sebanyak 6.014, dan jumlah ini meningkat pada Sabtu (30/3) sebanyak 6.373 tiket.

Sementara itu, jumlah pengunjung hari Minggu ini sebanyak 6.145 tiket domestik dan 108 tiket pengunjung asing.

Bila dibandingkan pada akhir pekan sebelumnya, Sabtu (23/3) jumlah pengunjung sebanyak 2.827 dan hari Minggunya (24/3) sebanyak 4.321 tiket.

Kenaikan tiket masuk Kebun Raya Bogor sudah terjadi beberapa kali. Kenaikan juga pernah terjadi pada tahun 2007 yakni dari Rp5.000 menjadi Rp10.000.

Sumber: Antara Bogor

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.