Wednesday, 20/9/2017 | 9:23 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Cara Menghemat Uang Saat Liburan

Cara Menghemat Uang Saat Liburan

Menjelang masa liburan, banyak sekali tawaran wisata dan hiburan yang membuat isi dompet menipis. Namun, ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menghemat pengeluaran tetapi tetap menikmati liburan.

Berikut ini sepuluh cara menghemat uang di kala liburan.

Buat rencana
Perencanaan keuangan adalah hal yang sangat penting dilakukan setiap saat, terutama, di saat liburan. Ahli perencanaan keuangan Mary Hunt mengatakan orang terkadang sudah terlanjur antipati ketika mendengar istilah ‘biaya’. Padahal, biaya sangat perlu dipikirkan dan harus masuk daftar rencana.

Hunt mengatakan perencanaan dapat dilakukan secara sederhana. Ia menyarankan agar setiap orang mulai melihat kondisi keuangan mereka kemudian tentukan seberapa besar uang yang bisa digunakan. Ia juga menyarankan agar kartu kredit disimpan jauh-jauh supaya tidak tergoda menggunakannya.

Potong pengeluaran tertentu
Hunt menyarankan untuk mulai memikirkan pengeluaran yang tidak terlalu perlu. Misalnya, dengan memakan makanan yang ada di dapur daripada membeli di luar. Selain itu, bisa juga dengan memesan air mineral daripada soda dan minuman beralkohol yang mahal saat makan di restoran. Pengeluaran kecil seperti ini bila dikumpulkan dapat menjadi besar. Hunt menyarankan uang yang biasanya digunakan untuk pengeluaran tersebut dialihkan untuk biaya liburan.

Kurangi daftar hadiah
Masa liburan memang identik dengan bagi-bagi hadiah. Ketika membuat daftar hadiah, sering kali daftarnya menjadi begitu panjang. Kolega, guru, bahkan satpam sering kali masuk ke daftar panjang itu. Hunt menyarankan menuliskan nama-nama orang yang akan diberikan hadiah pada sebuah kertas. Lalu, mulai prioritaskan pilihan.

Biasanya, pasangan dan anak akan ada di daftar teratas. Baru kemudian anggota keluarga yang dekat. Daftar terakhir baru diisi oleh jaringan sosial. Pertimbangkan untuk menghapus beberapa nama yang tidak terlalu dekat dengan Anda. Atau, bila memang ingin memberikan semuanya hadiah, putar otak untuk dapat menghabiskan uang dengan cara yang cerdas dan kreatif.

Beri hadiah dengan cara kreatif
Hunt mengatakan Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membuktikan kepedulian pada seseorang. Ia mengatakan banyak orang yang merasa senang dan tersentuh ketika mendapatkan kartu ucapan dengan tulisan tangan Anda. Bila menggunakan kreativitas, maka Anda bisa menciptakan hadiah dengan biaya yang rendah.

Misalnya, Anda bisa membelikan makanan kesukaan orang bersangkutan, seperti cokelat atau kacang. Kalau perlu, belilah di toko yang memberikan potongan harga. Kemudian, percantik tampilannya dengan membeli tas kertas yang cantik dari toko alat tulis. Bungkuslah makanan dengan itu, bisa juga dengan ditambahkan pita untuk mempercantik tampilan. “Tidak harus hadiah yang besar,” kata Hunt.

Kekang ekspektasi anak
Ketika dua anak Hunt mulai besar, ia meminta anaknya untuk membatasi keinginan mereka. Bila sebelumnya anak-anaknya punya segudang keinginan untuk hadiah masa liburan, kali ini Hunt hanya mengabulkan satu keinginan, yang paling mereka idamkan. Ia mengatakan cara ini juga dapat mendidik anak agar tidak tamak.

Jangan berlebihan menghias rumah
Masa liburan seperti Natal, Lebaran, dan Tahun Baru Imlek membuat sebagian orang bersemangat menghias rumah. Terkadang hal ini membuat pengeluaran bengkak hanya untuk membeli bahan-bahan dekorasi. Hunt menyarankan agar pendekorasian hanya berfokus pada tiga titik. Misalnya, di pintu depan, meja makan, serta ruangan tamu. Atau, bisa juga dengan menghias tempat perapian atau tangga.

Berpesta dengan murah
Hanya karena Anda sedang menghemat, bukan berarti Anda tidak bisa bersenang-senang. Tahun ini, cobalah adakan pesta dengan konsep hemat. Cobalah minta semua peserta pesta membawa makanan atau minuman. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menyiapkan semuanya sendiri. Biaya yang dikeluarkan pun berkurang.

Berlibur dengan gratis
Hunt mengatakan ada banyak cara untuk dapat berlibur dengan gratis. Bukan dengan ikut undian berhadiah liburan, tetapi dengan melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan hati. Misalnya dengan menikmati cahaya yang dihasilkan dari lampu-lampu cantik atau menghias rumah bersama keluarga.

Menyumbangkan barang tidak terpakai
Hunt juga menyarankan untuk memanfaatkan liburan dengan menyumbangkan barang-barang tidak terpakai kepada yang membutuhkan. Para orang tua juga bisa mengajak anak-anaknya untuk menyumbangkan mainan dan pakaian yang sudah tidak terpakai namun masih layak. Hunt mengatakan kegiatan ini adalah salah satu kegiatan bermanfaat yang tidak mengeluarkan uang.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.