Tuesday, 21/11/2017 | 10:47 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Bogor Ingin Menjadi Kota Sejuta Taman

Bogor Ingin Menjadi Kota Sejuta Taman

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, menarget setiap tahun dapat membangun satu taman sebagai upaya untuk mewujudkan cita-cita menjadi Kota Sejuta Taman.

“Kita akan terus menambah jumlah taman, target setiap tahun satu taman,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor Irwan Riyanto, Rabu (07/01/2015).

Dikatakannya, pembangunan taman sudah berlangsung sejak 2011 dan hingga akhir 2014, DKP telah membangun dan menata kembali 38 taman aktif, dan taman-taman kecil lainnya yang tersebar di sejumlah wilayah di Kota Bogor.

Dalam menata, merawat serta membangun taman-taman tersebut Pemerintah Kota Bogor mengeluarkan dana sebesar Rp10,2 miliar dimana sebagian dibantu dari dana pertanggungjawaban sosial perusahaan atau CSR sebesar Rp6 miliar.

“Tahun 2015 ini akan ada tambahan 1 hektare taman lagi, ini lokasinya ada dua. Satu di pertigaan Jalan Padjajaran dan Jalan Harupat, persis di depan Rumah Dinas Wali Kota, dan satunya lagi Taman Air Mancur,” katanya.

Ia mengatakan, taman persegi tiga di depan rumah wali kota tersebut akan ditata dan dipercantik hingga menjadi taman yang akan menambah keindahan serta ruang terbuka hijau di Kota Bogor. Untuk membangun dua taman di tahun 2015 ini, anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp1,8 miliar.

Menurutnya, dengan hadirnya 38 taman aktif dan 100 lebih taman kecil-kecil yang tersebar di seluruh wilayah Kota Bogor telah menambah persentase ruang terbuka hijau di Kota Hujan yang saat ini mencapai angka 22 persen.

“Kita akan terus berupaya mewujudkan Bogor Kota sejuta taman, hijau, sejuk dan berudara bersih, apalagi kita sudah memiliki Hutan Kota,” katanya.

Dikatakannya, dengan bertambahnya jumlah taman di Kota Bogor, maka tugas DKP juga ikut bertambah terutama perawatan khusus dan juga menambah biaya untuk merawat dan menjaga agar taman tetap lestari.

Irwan memaparkan, luas taman yang sudah terbangun dan tertata hingga akhir tahun 2014 jika digabungkan, yakni seluas 2,2 hektare. Taman-taman baru yang dibangun tersebar di sejumlah kelurahan dan kecamatan di Kota Bogor.

Beberapa taman yang dibangun pada tahun 2014 lalu yakni Taman Palupuh, taman di Simpang Jalan Pangrango, Hutan Kota di Jalan Ahmad Yani, taman di median Jalan Achmad Adnawijaya, dan simpang Jalan Bina Marga.

Sejak 2011 Kota Bogor sudah memiliki empat taman aktif yakni Taman Sempur, Taman Kencana, Taman Malabar, dan Taman Perangin. Taman-taman tersebut dimanfaatkan oleh warga tempat berkumpul dan bermain. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, ada penambahan 27 taman aktif, taman ini dilengkapi area bermain anak-anak dan tempat duduk untuk warga berinteraksi.

Sumber: Harian Terbit

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.