Tuesday, 21/11/2017 | 10:46 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Bertengkar Dengan Pasangan Apakah Baik ?

Bertengkar Dengan Pasangan Apakah Baik ?

Perdebatan yang keras dengan pasangan Anda memang tidak menyenangkan, namun hal itu sering terjadi dan tidak dapat dicegah. Kebanyakan wanita yang berada dalam hubungan serius dengan pacar mereka akan mengalami konflik besar walaupun hubungan mereka sudah berjalan lebih dari enam bulan. Dan bila ada perselisihan, Anda mulai khawatir bahwa apakah hubungan yang Anda jalani akan terkikis karena karena hal tersebut.

Beberapa pasangan menganggap bahwa konflik dapat merusak hubungan sehingga mereka lebih memilih untuk menghindarinya. Namun, itu tidak benar. Sesuai dengan Michael Batshaw, yang telah menulis ’51 Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Terlibat ‘mengatakan bahwa terlibat dalam konflik tidak akan mengakhiri hubungan tapi itu semua tentang bagaimana menghindari konflik.

Jadi apakah menurut Anda tidak mengalami konflik itu baik untuk hubungan? Menurut psikolog Xavier Amander, penulis buku ‘Aku Benar, kau salah, Sekarang apa?’ Pertengkaran adalah unsur penting yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan dan keintiman.
Ini mungkin terdengar aneh, tapi perselisihan dapat memberikan kesempatan bagi pasangan untuk tumbuh lebih dewasa jika ditangani secara konstruktif daripada berubah menjadi hal yang memicu destruktif.

Jadi bagaimana Anda akan tahu bahwa konflik tidak merusak hubungan Anda yang berharga tetapi dapat membantu Anda tumbuh berkembang lebih? Mari kita cari tahu jika pertengkaran dalam hubungan dapat membantu Anda untuk mencintai lagi.

Hilangkan pikiran negatif
Salah satu hal yang perlu Anda pahami adalah bahwa tidak apa-apa bertengkar untuk menyelesaikan masalah. Sesuatu yang dapat mengganggu Anda untuk beberapa waktu dan membuat Anda menjadi berprasangka buruk. Dalam kasus tersebut, Anda harus mencoba untuk menghilangkan pikiran negatif.
Ketika Anda mencoba untuk memendam segalanya, hal itu cenderung akan membuat Anda menjadi keras dan agresif terhadap pasangan Anda. Dengan bertengkar, Anda akan mengeluarkan unek-unek yang Anda simpan dan menjadi lega sehingga pasangan Anda akan mengerti apa yang Anda inginkan dan membuat hubungan menjadi lebih harmonis. Namun bertengkar pun jangan terlalu sering karena akan menyebabkan keretakan hubungan.

Menyelesaikan Masalah
Sebenarnya, pasangan Anda tidak pernah bersungguh—sungguh membuat Anda down atu menyakiti Anda ketika bertengkar. Pahamilah bahwa terluka terkadang menjadi kebalikan dari hal itu. Jadi, apakah pertengkaran membuat Anda lebih mencintai pasangan Anda? Semua orang ingin beberapa kegembiraan dan drama dalam hidup mereka. Tanpa pertengkaran hubungan seperti tidak ada rasanya.
Bila kita mengibaratkan sebuah pertengkaran adalah bumbu dalam masakan. Masakan tanpa diberi bumbu tidak memiliki rasa, sehingga perlu ditambahkan penyedap agar rasanya semakin kuat. Hal ini lah yang terjadi pada hubungan yang Anda jalani bersama pasangan Anda. Anggaplah sebuah pertengkaran adalah bumbu yang ada dalam hubungan Anda sekaligus jalan untuk menyelesaikan masalah agar hubungan Anda menjadi tidak membosankan.

Jika terlalu emosi, istirahat lah sejenak
Sekali lagi hal itu sangat penting untuk tetap tenang saat Anda menangani konflik. Namun Anda juga perlu memahami bahwa seseorang pasti akan menjadi marah, frustasi atau kesal ketika berada dalam kondisi konflik. Jadi, jika Anda menemukan diri Anda mendapatkan lebih emosional, istirahat untuk menenangkan dan tenang. Selain itu, cara ini Anda dapat menyimpan dan meningkatkan hubungan Anda agar lebih baik.

Mencurahkan perasaan satu sama lain
Konflik adalah cara terbaik untuk mendapatkan perasaan yang ada pada pasangan Anda. Jadi, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Salah satu manfaat dari pertengkaran dalam suatu hubungan adalah Anda akan lebih baik dalam berkomunikasi dan berbagi perasaan Anda dan pasangan Anda satu sama lain daripada dipendam untuk diri sendiri. Pertimbangkan apa yang ada di pikiran pasangan Anda bukan menghujani dia dengan ucapan lisan atau kata-kata kasar. Cobalah untuk menilai suasana hatinya.

Namun, bukan berarti hal ini dapat bekerja sepanjang waktu karena kadang-kadang pasangan Anda tidak ingin mendengarkan Anda. Ini mungkin karena mereka tidak mengerti seberapa serius hubugnan ini untuk Anda. Berjuang dalam hubungan Anda dapat membantu Anda untuk mencintai lebih jika Anda sepenuhnya mendengarkan pasangan Anda tanpa mengumpulkan kesalahannya di belakang Anda. Terkadang bertengkar dapat membantu Anda untuk mencintai lebih ketika keduanya mencari hubungan yang harmonis dan kasih sayang dalam hubungan Anda.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.