Tuesday, 21/11/2017 | 10:42 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Aturan Tidur Siang Yang Harus Dipatuhi

Aturan Tidur Siang Yang Harus Dipatuhi

Bagi sebagian orang mungkin tidur siang sesuatu yang sulit dilakukan, karena pada jam-jam tersebut merupakan waktu produktivitas seseorang melakukan aktivitasnya. Namun, bagi Anda yang sedang berada di rumah, dan tak banyak kegiatan yang dilakukan, tidak ada salahnya untuk tidur siang. Tidur siang ternyata bagus untuk Anda, karena dapat mengembalikan semangat Anda setelah melalui hari yang berat, membuat Anda merasa lebih segar, dan membantu membuat Anda fokus lagi. Akan tetapi, tidur siang juga dapat mengganggu waktu tidur malam Anda, dan membuat Anda susah tidur.

Jika Anda tidur siang dengan tujuan untuk menggantikan tidur Anda semalam yang kurang, hal tersebut akan memperburuk masalah yang Anda alami. Tubuh kita diprogram untuk cukup tidur. Waktu tidur yang Anda alami pada malam hari merupakan yang terpenting. Jika Anda berusaha mencukupi waktu tidur yang kurang dengan tidur pada siang hari, Anda justru akan merasa lelah, dan merasa butuh lebih banyak tidur. Jika siklus itu terus berlanjut, Anda akan melalui hari-hari dengan kelelahan dan tidak bersemangat.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan tidur siang. Agar Anda mendapatkan manfaat dari tidur siang, tanpa mengacaukan rutinitas tidur malam Anda tentunya. Anda perlu mematuhi hal-hal berikut seperti yang dilansir oleh harpersbazaar.com

Tidur Singkat
Tidur siang sebentar sudah cukup untuk membuat Anda kembali segar, dan tidak akan mengganggu waktu tidur malam Anda. Batasi waktu tidur siang Anda antara 20 hingga 40 menit, agar Anda tidak tidur terlalu lelap. Tidur siang yang singkat akan menyegarkan tubuh Anda, tanpa harus mengurangi jam tidur Anda pada malam hari.

Cukup Sekali
Tidur siang yang baik memang dianjurkan hanya sekali saja. Jika lebih dari sekali, dapat mengganggu waktu tidur malam Anda. Jika Anda merasa mengantuk seharian, sehingga membutuhkan beberapa kali tidur siang, jelas ada yang salah pada siklus tidur Anda pada malam hari. Konsultasikanlah segera dengan dokter, mungkin saja Anda menderita kelainan tidur.

Pasang Alarm
Memasang alarm, sesuatu yang dianjurkan saat Anda sedang tidur. Tentunya agar tidur Anda tidak bablas dan berlebihan. Selain itu biasanya juga Anda cenderung lebih mudah tertidur, jika Anda tahu Anda harus segera bangun, pada waktu yang telah ditentukan. Sehingga, badan Anda akan kembali segar.

Jangan Tidur Siang Menuju Sore
Janganlah membiasakan tidur siang menuju ke sore. Usahakanlah paling lambat Anda bangun pada jam 3 sore. Jika lebih dari itu, akan ada kemungkinan Anda susah tidur pada malam harinya.

Buat Catatan
Cobalah untuk mencatat berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk tidur. Baik itu pada siang ataupun malam hari. Hal tersebut bertujuan untuk melihat, apakah tidur siang akan mengganggu tidur malam Anda atau tidak. Jika Anda mengalami susah tidur, sering terbangun, atau sering bangun lebih awal keesokan harinya, bisa jadi itu artinya tidur siang yang Anda lakukan, mengganggu tidur malam Anda. Cobalah untuk tidak tidur siang selama satu minggu, dan catat juga waktu tidur Anda serta rasakan dampaknya.

Tidak Semua Orang Cocok Dengan Tidur Siang
Jika Anda termasuk orang yang susah bangun tidur, usahakanlah untuk tidak tidur siang. Sayangnya, beberapa orang justru tidak cocok dengan tidur siang. Jika Anda merasa lebih lemah dan tidak bersemangat, atau butuh perjuangan keras untuk bangun dari tidur siang, maka jangan dilanjutkan. Jika Anda lelah, mengantuk dan butuh sesuatu untuk mengembalikan kesegaran tubuh Anda, cobalah untuk minum air dingin, melakukan peregangan tubuh, atau berjalan-jalan ringan.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.