Friday, 28/7/2017 | 12:33 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Asinan Bogor, Kuliner Khas Bogor

Asinan Bogor, Kuliner Khas Bogor

Bogor merupakan kota yang banyak julukannya. Selain di kenal dengan Kota Hujan, Bogor juga dikenal dengan Kota Asinan. Mengapa demikian? Karena di Bogor terdapat berbagai jenis asinan. Asinan adalah makanan yang terdiri dari potongan buah-buahan atau sayur-sayuran yang diberi kuah yang khas berwarna merah. Kuah asinan terdiri dari campuran cabai merah, cuka, gula, garam, serta rempah-rempah. Terdapat rasa yang unik pada asinan, karena di dalamnya terdapat perpaduan dari rasa manis, asam dan pedas yang menyegarkan.

Konon diberi nama asinan karena salah satu komponen dari makanan ini adalah sawi asin. Selain itu juga, disebut asinan karena cara pembuatannya yang melalui proses pengacaran (pengasinan dengan garam ditambah pengasaman dengan cuka). Sebagai kota asinan, Bogor memang kaya akan berbagai jenis asinannya. Di kota ini terdapat tiga jenis asinan yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan campur.

Asinan Buah
Sesuai namanya, asinan buah terbuat dari buah-buahan. Asinan jenis ini dianggap sebagai asinan asli Bogor. Asinan buah merupakan hasil campuran dari berbagai potongan buah, biasanya terdiri dari bengkuang, pepaya, ubi, nanas, mangga, jambu air dan kedondong.Terkadang jika sedang musimnya, terdapat pula buah-buahan seperti buah kemang, jambu biji, salak, dan canar yang ditambahkan ssehingga lebih lengkap.

Asinan Sayur
Asinanan sayur terdiri dari berbagai macam sayuran. Biasanya terdiri dari campuran sawi asin, tauge, kubis, wortel, lobak, timun, antanan, kucai, dan tahu.

Asinan Campur
Asinan campur terdiri dari potongan buah dan sayuran yang dicampurkan.
Terdapat kesamaan pada ketiga jenis asinan tersebut, yaitu sama-sama disiram dengan kuah cuka, yang terdiri dari campuran cabai merah, air, cuka, ebi atau terasi, gula, dan garam. Untuk pelengkap, ditambahkan pula taburan kacang goreng dan kerupuk mie yang menjadikan rasanya semakin nikmat untuk disantap.

Bagi Anda yang ingin merasakan keunikan cita rasa asinan Bogor, terdapat banyak tempat yang menjual asinan ini. Salah satunya ialah Toko Asinan “Aseli Bogor” yang berada di Jalan Ir. H. Juanda No. 90, tepatnya di dekat gerbang utama Kebun Raya Bogor. Konon tempat ini merupakan tempat tertua yang menjual asinan Bogor, yaitu sejak tahun 1967. Tempat ini mulai buka dari pukul 08.00 sampai pukul 20.00 WIB.

Selain itu, terdapat pula tempat lainnya yang menjual Asinan Bogor, diantaranya Asinan Ny.Yenny di Jalan Bina Marga, Asinan Dewi Sri di Jalan Pajajaran, Asinan Gedung Dalem di Sukasari dan banyak juga penjual asinan Bogor di Sepanjang Jalan Surya Kencana.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.