Thursday, 23/10/2014 | 3:00 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway Trans Jakarta Rute Bogor-Rawamangun

Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway Trans Jakarta Rute Bogor-Rawamangun

Warga yang tinggal di belahan barat Kota Bogor kini tak perlu lagi pergi ke Terminal Baranangsiang atau ke Stasiun Besar Bogor untuk berangkat Jakarta.

Pasalnya, sedari kemarin, di Terminal Bubulak telah tersedia Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway Trans Jakarta (APTB) dengan rute Bogor-Rawamangun. Yang lebih menyenangkan, harga sekali jalan APTB dari Terminal Bubulak hingga Terminal Rawamangun via Jalan Sholeh Iskandar dan Tol Bogor Outer Ring Road, hanya Rp12 ribu.

APTB merupakan program kerja sama Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Bogor, dengan operator layanan PT Sinar Jaya Megah Langgeng. APTB Bogor- Rawamangun berjarak tempuh sekitar 52 kilometer dan melayani direct service. Sehingga warga Bogor bisa langsung meneruskan perjalanannya via jalur TransJakarta tanpa perlu lagi membeli tiket.

“APTB rute Bogor–Rawamangun juga terintegrasi dengan busway koridor 4 (Pulogadung–Dukuh Atas) dan koridor 9 (Pinang Ranti- Pluit),” terang Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Udar Pristono.

Rute APTB meliputi Terminal Bubulak-Jalan Soleh Iskandar- Bogor Outer Ringroad-Tol Jagorawi- Halte Busway Cawang UKI- Halte Cawang Sutoyo- Halte Penas Kalimalang- Halte Cipinang Kebon Nanas-Halte Pedati Prumpung-Halte Stasiun Jatinegara- Halte Ahmad Yani Bea Cukai- Halte Utan Kayu Rawamangun- Halte Pemuda Pramuka-Halte UNJ- Halte Sunan Giri-Halte Velodrome- Jalan Paus-Jalan Penggambiran-Terminal Rawamangun.

Saat ini ada lima koridor APTB yang dioperasikan. Antara lain rute Pulogadung-Bekasi, rute Poris Plawad-Grogol, rute Ciputat-Kota, rute Cibinong-Grogol, dan rute Bogor-Rawamangun. “Dalam rangka memberikan pelayanan transportasi umum yang terpadu bagi masyarakat di daerah penyangga yang menuju Jakarta. Pemprov DKI Jakarta sejak Maret 2012 telah meluncurkan beroperasinya APTB sebanyak 5 rute,” terang Pristono.

Spesifikasi bus APTB ialah bus besar kapasitas 85 penumpang dengan 35 duduk dan 50 berdiri, high deck atau lantai tinggi, dan posisi tempat duduk yang berhadapan. Tersedia tangga hidrolik untuk naik turunnya penumpang. Lantaran baru, semuanya masih terasa nyaman. Jumlah bus APTB saat ini baru tersedia empat dari rencana yang akan dioperasikan berjumlah sepuluh unit.

Dari pantauan bagian ruang penumpang bus terasa lega. Kursi-kursi di bus berbahan plastik, tetapi di bagian tengah dan sandaran dilapisi busa empuk, mencegah punggung pegal dan pantat sakit. Kemudian, untuk penumpang berdiri, bisa berpegangan pada besi panjang yang disediakan memanjang di atas kursi. Di pintu tengah bagian keluar juga disediakan pegangan untuk berdiri berwarna kuning.

Di bus ini juga tersedia fasilitas tambahan seperti satu televisi LCD 22 inci. Sepanjang perjalanan, penumpang juga akan disuguhkan musik instrumen yang mengalun lembut sambil menikmati tiupan AC yang sejuk. Jika hendak turun, penumpang pun tak perlu berteriak. Pasalnya telah tersedia tombol bunyi untuk meminta berhenti. Di bus APTB ini ada tiga pintu, yakni pintu depan, tengah dan belakang. Pintu untuk turun penumpang adalah pintu bagian tengah.

Kepala DLLAJ Kota Bogor, Suharto menambahkan, jajarannya belum mendapatkan teknis rinci soal pemberhentian APTB di tengahtengah perjalanan. Atau apakah boleh tidaknya APTB berhenti di shelter Trans Pakuan.

“Saya belum tahu secara rinci. Intinya bus APTB tidak boleh berhenti di sembarang tempat,” singkatnya.

Keberadaan APTB sempat ditolak salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas). Mereka menganggap, kehadiran APTB akan mengancam kelangsungan angkot trayek 03 dan02. Penolakan sempat menegang karena sejumlah anggota ormas itu menghadang bus. Mereka memerintahkan sopir mengeluarkan bus dari terminal. Salah seorang di antaranya sempat menendang bus. Alhasil bus APTB yang terparkir di Terminal Bubulak dijaga ketat aparat kepolisian.

Sumber: Radar Bogor

6 Comments

  1. Nazaruddin
     /  Reply

    Angkutan APTB ini sangat didambakan masyarakat Bogor yg bekerja / bepergian ke Jakarta, ticket yg kami beli juga cukup seimbang yaitu Rp. 12.000.- . Yg menjadi pertanyaan saya adalah :
    Apakah ticket APTB Bogor Rawamangun bisa berlaku untuk menjadi ticket bus way di jakarta ?. kalau memang ya kenapa pada saat mau kembali ke bogor ticket dr Bus way tidak berlaku di APTB…… Terima kasih sebelum dan kami senantiasa menunggu infonya. wassallam.

    • administrator
       /  Reply

      tiket APTB dapat digunakan di busway dikarenakan biaya tiket adalah Rp 12.000; selama turun di feeder busway yg terintegrasi dengan ketentuan yang ada. sedangkan harga tiket busway Rp 3.500; masa dengan harga tiket bsway ingin naik APTB ke Bogor. :)

  2. Herru Rachman
     /  Reply

    saya sngat mendukung dn senang dngn kehadiran APTB tsb, pasalnya dngn transfortasi tsb masyarakat bogor akan lbh mudah untk brpergian k jakarta, yg trpnting aman dr kriminalitas.
    slain aman dn nyaman hrga tiketnya pun relatif murah untk jarak tempuh 52 km .
    harapan saya smga APTB bisa sgera broperasi.

    yg mau saya prtnyakan: apakah APTB tsb nantinya bs brhenti d shelter transpakuan, klo memang ada rencana tsb bgmana dngn ongkosnya? akan lbh murahkah or msih sma 12000?
    trima kasih

  3. Mkurn4
     /  Reply

    Semoga bisa direalisasikan APTB ini bisa berhenti di setiap pintu Toll Jagorawi. Harapannya Armada ditambah agar mobil pribadi bisa berkurang di Jalan.

    Untuk biaya, apakah memungkinkan untuk dari arah jakarta menuju bogor, biaya langsung di tarik 12rb..??

  4. dodi
     /  Reply

    dengan adanya APTB kami sangat terbantu dan berterima kasih, yang tadinya kami mempergunakan kendaraan pribadi dari untuk menuju kantor di bogor sekarang dapat beralih ke bus APTB sehingga dapat menghemat biaya dan tenaga.

    tetapi semenjak dua minggu terakhir bus APTB Rawamangun – Bogor jam keberangkatannya sudah tidak on time lagi, yang sebelumnya keberangkatan bus sesuai schedule pada jam 06.00 (kec senin jam 05.45), saat ini mundur lebih kurang 10 menit.

    hal tersebut dikarenakan petugas checker bus APTB Sinar Jaya belum datang pada jam keberangkatan, sedangkan bus beserta crew nya sudah standby di terminal rawamangun.

    Kami sebagai pengguna jasa APTB Sinar Jaya dengan Rute tersebut diatas amat kecewa dengan penurunan disiplin petugas Sinar Jaya, dan pada kesempatan ini kami mohon kepada Manajemen PT Sinar Jaya untuk dapat menindaklanjuti dan memperbaiki kinaerja petugas dilapangan khususnya Checker di terminal Rawamangun.

    Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga Pihak Manajemen berkenan menindaklanjuti keluhan kami, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

  5. DiRaisha Damayanti
     /  Reply

    sangat tertarik dengan adanya bis APTB,mau tanya kl di terminal APTB bubulak bogor ada penitipan motornya ga?

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.