Tuesday, 21/11/2017 | 10:44 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

Alasan Mendengkur Berbahaya

Alasan Mendengkur Berbahaya

Seseorang yang mendengkur ketika tidur biasanya tidak menyadari kondisinya. Namun orang yang berada di sebelahnya yang merasa tersiksa.

Jika Anda ternyata adalah pendengkur, lekas temukan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab mendengkur cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tidak percaya? Simak alasan kenapa mendengkur memang berbahaya selengkapnya, sebagaimana dilansir dari Third Age berikut ini.

1. Kekurangan oksigen
Pendengkur akut mengalami kesulitan saat bernapas. Sebab ada sumbatan dalam saluran pernapasan. Kondisi tersebut biasanya lebih dikenal dengan apnea tidur.
Saat apnea tidur terjadi, tubuh tidak mampu mendapat asupan oksigen selama 10 detik. Akibatnya, Anda akan terbangun di tengah malam dalam keadaan berkeringat, seperti tercekik, dan sulit bernapas. Efek lain adalah bangun tidur di pagi hari dengan rasa sakit pada kepala atau radang di tenggorokan.

2. Kelelahan
Mendengkur mengurangi masa tidur REM, di mana seseorang bisa beristirahat dengan nyenyak. Karena gagal tidur nyenyak, di siang hari pun Anda akhirnya merasa sangat kelelahan.
Kekurangan oksigen juga sebenarnya mempengaruhi kondisi tidur. Jadi akibat tubuh sibuk mencari suplai oksigen, Anda pun tidak mampu beristirahat secara maksimal.

3. Masalah jantung
Sudah banyak penelitian yang menyebutkan kalau mendengkur memicu kondisi apnea tidur yang akhirnya meningkatkan penyakit jantung.
Apa yang menjadi penyebabnya? Rupanya pendengkur menderita tekanan darah tinggi dan kadar oksigen yang rendah karena jantung berusaha terlalu keras untuk bekerja. Selain masalah jantung, stroke juga menjadi ancaman bagi orang yang mendengkur ketika tidur.

4. Risiko kanker
Menurut penelitian dari University of Wisconsin, orang-orang yang menderita apnea tidur punya risiko lima kali lebih tinggi terserang penyakit kanker.
Peneliti percaya kalau mendengkur menurunkan kadar oksigen dalam tubuh. Sehingga kondisi tersebut memicu pertumbuhan sel yang tidak normal dan memunculkan tumor.

5. Kecelakaan
Mendengkur membuat seseorang tidur kurang nyenyak. Setelah bangun, akhirnya tubuh masih terasa lemas dan mengantuk. Akibatnya, pendengkur berisiko tinggi mengalami kecelakaan karena kurangnya energi yang digunakan ketika berkendara.
Penyebab lain dari kecelakaan akibat mendengkur adalah ketika seseorang tiba-tiba mengantuk dan akhirnya tertidur saat menyetir.

6. Masalah asmara
Alasan terakhir kenapa mendengkur berbahaya adalah karena kondisi tersebut pun mempengaruhi hubungan asmara Anda. Sebuah survei menyebutkan kalau kebiasaan mendengkur mampu mengubah perilaku pasangan dan menurunkan keintiman.
Itulah berbagai bahaya dari mendengkur. Segera atasi kondisi tersebut jika Anda juga mengalami hal serupa.

Sumber: Merdeka

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.