Friday, 22/9/2017 | 2:48 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

7 Street Food di Bogor yang Menggoyang Lidah

7 Street Food di Bogor yang Menggoyang Lidah

Bogor disebut-sebut sebagai surganya street food atau makanan pinggir jalan. Jalan-jalan ke Bogor, berarti saatnya berwisata kuliner. Ini dia 7 makanan pinggir jalan khas Bogor yang dijamin menggoyang lidah dan membuat ketagihan:

1. Roti unyil

Apa street food khas Bogor dan selalu jadi oleh-oleh? Roti Unyil jawabannya. Yang terkenal, adalah Roti Unyil Venus yang beralamat di Jl Pajajaran Komplek Ruko V-Point no 1. Roti ini punya ciri khas berbentuk unyil alias kecil atau mini.

Rasanya bermacam-macam, ada rasa pisang keju, cokelat, sosis, srikaya, abon, dan masih banyak lagi. Ada baiknya jika ingin membeli roti unyil mulai dari pukul 09.00 WIB pagi, karena kalau sudah sore biasanya roti unyil di sana sudah habis diburu.

roti unyil

2. Pepes sagu

Di Jl Suryakencana atau tepat di depan Kebun Raya Bogor, ada banyak makanan pinggir jalan yang menggoyang lidah. Salah satunya adalah pepes sagu yang dijual pada gerobak besar berwarna biru di pinggir jalan.

Ada tiga rasa favorit pepes sagu yang digemari, yakni pepes sagu pisang keju, keju, dan nangka. Sagunya terasa lembut saat dikunyah dan wangi.

Pepes sagu ini bisa ditemukan mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Satu pepes sagu dipatok seharga Rp 3.500 saja.

pepes sagu

3. Bakso kikil Pak Jaka

Satu lagi street food yang bias ditemukan di Jl Suryakencana, yaitu bakso kikil Pak Jaka. Bakso ini tersohor karena rasa baksonya yang enak dan dagingnya banyak.

Untuk harga satu porsinya adalah Rp 10 ribu kalau hanya bakso saja. Jika ditambah dengan kikil, maka harganya Rp 17 ribu. Bakso ini lebih nikmat saat disantap selagi panas. Kuahnya mantap!

bakso kikil pak jaka

4. Lumpia Bogor

Tak hanya Semarang saja yang punya lumpia, Bogor pun punya lumpia yang terkenal enaknya. Street food ini pun juga bisa ditemukan di Jl Suryakencana.

Lumpia ini beda dengan lumpia pada umumnya. Jika lumpia biasanya menggunakan rebung, maka lumpia yang bisa ditemukan di Jl Suryakencana memakai bengkoang. Harga satuannya adalah Rp 9 ribu dan ukurannya pun besar.

lumpia bogor

5. Laksa Bogor

Belum sah ke Bogor kalau belum coba Laksa Bogor. Bahkan, Laksa Bogor ini masuk dalam 30 ikon kuliner Indonesia yang sudah ditetapkan oleh Kemenparekraf.

Akan lebih mudah menemukan Laksa Bogor saat melancong ke Kota Hujan tersebut, seperti di Surya Kencana. Laksa Bogor terdiri dari ketupat, soun, dan toge, serta ditambahkan dengan telur, oncom bereum dan daun kemangi. Kuah santannya pun dijamin sedap!

laksa bogor

6. Bir kocok

Kalau Jakarta punya bir pletok, maka Bogor punya bir kocok. Bir kocok ala Bogor ini terbuat dari jahe, kayu manis, gula pasir, dan gula aren.

Bir kocok disajikan dingin dengan es batu. Meski begitu, rasa hangat yang berasal dari komposisinya tidak hilang. Enaknya lagi, rasa hangatnya sangat terasa di dada.

Satu harga bir kocok hanya Rp 3 ribu saja. Kalau untuk oleh-oleh dalam satu botol sirup, harganya hanya Rp 10 ribu. Tenang saja, bir kocok ini tak memabukan.

bir kocok

7. Asinan

Asinan adalah salah satu  street food yang tersohor dari Bogor dan disebut-sebut yang paling legendaris yaitu Asinan Gedung Dalam yang terletak di Jalan Siliwangi No 27 C dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Asinan Gedung dalam terdapat asinan sayur atau buah. Asinan buah biasanya terdiri dari jambu, bengkoang, ubi merah, pepaya, mangga, dan masih banyak lagi. Untuk asinan, terdiri dari tauge, kol, kacang, dan lain-lain. Asyiknya, Asinan Gedung Dalam ini rasanya segar dan tanpa bahan pengawet.

Camera 360

 

Sumber: Detik Travel

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.