Monday, 18/6/2018 | 3:21 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

5 Makanan yang Dapat Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

5 Makanan yang Dapat Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Indonesia merupakan Negara tropis yang memiliki dua musim, hujan dan kemarau. Saat ini, kita berada pada musim kemarau dan dalam keadaan bulan puasa. Apabila kita tidak dapat merawat kulit dengan baik, kulit akan menjadi kering dan rusak. Berikut ini merupakan makanan yang dapat dikonsumsi pada saat berbuka ataupun sahur untuk tetap menjaga kulit agar tetap sehat dan  terlindungi.

Tomat dan Wortel

Kandungan betakaroten dan likopen yang terdapat pada tomat dan wortel berfungsi untuk memperbaiki kulit agar terlindungi dari sinar UV. Bersama dengan antioksidan lainnya, betakarotin dapat mengurangi reaksi terhadap sengatan matahari dan likopen dapat melindungi dari radiasi sinar UV. Makanan yang termasuk kaya akan betakaroten adalah Ubi,  labu manis, dan sayuran berwarna gelap. Sementara makanan yang termasuk kaya akan likopen adalah jambu biji, semangka, dan jeruk keprok.

Coklat Hitam

Coklat Hitam atau Dark Chocolate mengandung banyak senyawa flavonoid berfungsi untuk memperbaiki kemampuan kulit untuk melindungi diri dari sengatan matahari. Beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi kokoa dengan kandungan flavanol yang tinggi memperbaiki perlindungan terhadap cahaya, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan merapatkan pori-pori pada kulit.

Teh Hijau

Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat mencegah kanker melanoma. Dengan mengonsumsi langsung atau pun di jadikan masker untuk kulit, anti-oksidan pada teh hijau dapat mencegah kerusakan atau pun memperbaiki sel-sel kulit. Meminum Teh Hijau juga dapat membantu kita untuk tetap terhidrasi.

Salmon

Salmon dan makanan lain yang mengandung banyak Omega-3. Makanan yang mengandung Nutrisi ini sangat penting dan berperan dalam meredakan peradaganan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asam lemak Omega-3 dalam makanan dapat membantu menceah terjadinya kanker melanoma.

Buah Zaitun

Buah Zaitun, baik berupa buah atau pun minyaknya dapat berfungsi melindungi kulit dari sengatan matahari. Kandungan Vitamin E dalam buah Zaitun dapat melembabkan dan menghaluskan kulit. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk gangguan kulit seperti ruam, eksim, keriput, garis-garis halus, bintik hitam, kulit terbakar, dan juga untuk mencegah kanker kulit.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.