Tuesday, 16/1/2018 | 3:19 UTC+7
InfoBogor
InfoBogor

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Makan Malam

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Makan Malam

Makan malam adalah kegiatan makan yang dilakukan terakhir sebagai penutup hari sebelum tidur. Beberapa budaya menganggap makan malam merupakan sesuatu yang penting sementara di daerah lain sarapan adalah yang paling penting. Di samping itu semua, ada beberapa hal yang sehat untuk dilakukan sebelum makan malam.

Ketika Anda makan dengan penuh konsentresi, makanan yang Anda makan akan dicerna dengan mudah. Juga ketika Anda memilih untuk memakan makanan sehat untuk dimakan, Anda dapat terhindar dari penyakit. Jangan langsung tidur ketika Anda selesai makan, lalu apa yang harus dilakukan? Ini lah ulasannya..

Air hangat

Minumlah segelas air hangat paling tidak 30-40 menit sebelum makan malam. Hal ini dapat membantu untuk mencerna makanan dengan mudah. Minum air hangat juga membantu Anda agar tidak makan terlalu banyak pada saat makan malam. Minumlah air hangat juga setelah Anda makan selang 30-40 menit.

Perhatikan jeda waktu

Apabila Anda menjaga jarak antara waktu makan dan tidur selama 2 jam. Hal ini akan mempermudah proses pencernaan. Anda dapat menggunakan waktu jeda tersebut dengan mencuci piring atau kegiatan lainnya. Beberapa sumber menyatakan bahwa tidur langsung setelah makan menimbulkan beberapa efek yang tidak baik untuk kesehatan seperti kegemukan, rasa panas di dada, refluks asam dan lainnya.

Menyikat gigi

Biasakanlah menyikat gigi sesudah makan. Hal ini dapat menyehatkan mulut karena sisa-sisa makanan dapat dibersihkan langsung. Menyikat gigi menyegarkan nafas Anda, dan dapat membuat Anda lebih percaya diri.

Jangan memakan buah

beberapa sumber menyebutkan bahwa memakan buah setelah makan malam tidak baik untuk kesehatan. Pertama, gula dalam buah akan mengganggu pola tidur Anda dan ke dua, tubuh Anda harus bekerja lebih keras karena harus mencerna buah yang Anda makan dan juga makan malam Anda.

 Jangan Merokok

Sebagian orang biasanya merokok setelah makan. Di samping efek rokok yang berbahaya, hal ini juga dapat membuat sensai terbakar dalam dada. Hal ini disebabkan oleh peredaran darah pada saluran pencernaan sehabis makan meningkat, akibatnya sejumlah besar kandungan dalam rokok yang tidak baik bagi kesehatan diserap, sehingga bisa merusak hati, otak besar, dan pembuluh darah jantung dan menyebabkan mempercepat penyakit terkait aspek-aspek ini.

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

InfoBogor adalah sebuah media online yang menempatkan dirinya di tengah-tengah kesibukan warga Bogor yang terus mengembangkan dirinya.